FeatureNews

Tips bagi orang tua agar anak suka makan sayur

Namun, membiasakan makan sehat merupakan suatu tantangan bagi sebagian orang tua, terutama saat membuat anak untuk suka makan sayur. Jika disiasati dengan cara yang tepat, anak akan suka dengan makanan olahan sayur yang menyehatkan.
Tips bagi orang tua agar anak suka makan sayur
Ilustrasi (Pexels)

POPULARITAS.COM  Pola hidup sehat, terutama dalam hal asupan makanan, memang harus dibiasakan sejak dini. Sebab, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sangat berpengaruh pada kualitas kesehatan dan juga kekebalan tubuh.

Namun, membiasakan makan sehat merupakan suatu tantangan bagi sebagian orang tua, terutama saat membuat anak untuk suka makan sayur. Jika disiasati dengan cara yang tepat, anak akan suka dengan makanan olahan sayur yang menyehatkan.

“Mendidik anak untuk terbiasa makan sayur memang tidak mudah bagi sebagian orang. Sebagai orang tua, kita perlu menyiasati sayur dengan semenarik mungkin agar makan sayur terasa nikmat,” kata CEO Mamang Sayur, Havid M, dalam siaran resmi, Selasa (7/12/2021), dikutip dari laman Antara.

Havid memberikan beberapa kiat menerapkan kebiasaan makan sayur untuk anak yang bisa Anda terapkan.

Membuat jus sayur dengan tambahan buah

Dengan membuat sayur menjadi jus, sayur akan semakin mudah untuk dikonsumsi. Berbagai pilihan sayuran yang dapat dijadikan jus meliputi brokoli, bit, wortel, seledri, bayam, dan kale. Agar semakin nikmat, Anda dapat mengombinasikan sayur dengan buah yang kaya akan protein atau yoghurt. Campurkan dengan buah yang memiliki rasa manis agar rasa pahit dari sayur tidak begitu terasa, salah satunya adalah kombinasi antara pisang dan brokoli.

Memberi apresiasi untuk anak yang memakan sayur

Tidak kalah penting, berikan apresiasi dalam bentuk pujian atau hadiah setiap kali anak sudah mengonsumsi atau menghabiskan sayur. Hal ini akan membuat anak semakin bersemangat untuk makan sayur. Anda juga bisa sesekali memberikan anak hadiah agar lebih termotivasi. Mereka akan terbiasa makan sayur secara perlahan sejak dini, bahkan bisa menjadikan sayur sebagai makanan favoritnya. Perlu diingat, jangan berikan makanan tidak sehat sebagai bentuk apresiasi untuk anak.

Berkreasi dengan sayur semenarik mungkin

Banyak orang membuat kreasi sayur agar dapat menambah ketertarikan anak untuk memakan sayur. Salah satu caranya adalah dengan menyajikan sayuran dalam bentuk dan penataan yang unik, seperti membuat sayuran menjadi puding, membuat bentuk hewan di atas nasi menggunakan potongan sayuran, serta memotong sayur dengan cetakan khusus agar membentuk pola yang lucu. Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan daging di menu capcay atau menambahkan saus keju pada sayur. Selain menambah rasa penasaran dan selera anak untuk mencicipinya, langkah ini juga dapat meningkatkan kreativitas si kecil.

Ganti variasi sayur tiap hari

Supaya anak tidak bosan dan semakin mengenal beragam jenis sayur, ganti pilihan sayur setiap harinya. Hal ini dapat meningkatkan rasa penasaran anak pada sayuran yang mereka konsumsi. Dengan memberikan sayuran yang beragam, Anda dapat mengetahui variasi sayur mana yang mereka sukai. 

Editor : Hendro Saky

Shares: