KesehatanNews

Tips Atasi Mata Kering agar Tidak Radang dan Infeksi

(popularitas.com) – Kesehatan mata masih menjadi hal yang dianggap sepele oleh masyarakat Indonesia. Sekira 20-50 populasi manusia di dunia mengalami mata kering. Jika dibiarkan masalah ini tentu dapat menyebabkan bahaya kesehatan yang sangat merugikan.

Hal ini dibenarkan oleh Dokter Spesialis Mata JEC Hospitals and Clinic, dr. Nina Asrini Noor, SpM. Jika mata kering tidak ditangani dengan baik, maka bisa menurunkan kualitas hidup seseorang dan kerusakan permukaan pada mata.

“Mata kering yang diabaikan bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup. Seseorang tidak dapat beraktivitas dengan optimal karena mata lelah. Menjadi dependent (bergantung) pada obat-obatan,” terang dr. Nina di Jakarta, Kamis 12 September 2019.

Di sisi lain, mata kering pun bisa menyebabkan peradangan maupun infeksi. Tingkat infeksi tersebut bisa bersifat dari ringan sampai berat dan temporer hingga permanen. Oleh sebab itu, mata kering bisa ditangani dengan cara mengatur gaya hidup yang kurang sehat.

“Cara yang paling mudah adalah menghindari paparan AC secara langsung dah terlalu lama, menatap monitor secara berlebihan, menatap gadget dalam durasi yang panjang dan penggunaan lensa kontak yang disesuaikan dengan instruksi dokter mata,” lanjutnya.

Selain itu ada beberapa langkah yang bisa ditempuh seseorang untuk mengurangi rasa tidak enak saat mengalami mata kering. Beberapa caranya adalah merelaksasikan dan memberikan kesempatan bagi mata untuk beregenerasi.

“Kompres dengan air hangat pada bagian kelopak mata. Selain itu mengonsumsi air dengan cukup dan menjaga kebersihan kelopak mata juga sangat penting untuk dilakukan. Apabila mata kering berlanjut, maka harus berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk menentukan treatment selanjutnya,” tuntasnya.

Sumber: Okezone

Shares: