EdukasiNews

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Banda Aceh Kirim Guru ke Malaysia

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kota Banda Aceh akan mengirimkan guru untuk belajar ke Malaysia. Langkah ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di kota Banda Aceh.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin, Selasa (16/1/2018) saat membuka sosialisasi Program Pendidikan S2 dan S3 University Pendidikan Sultan Idris (UPSI),  Perak Malaysia di Aula Lantai IV, Gedung A, Balaikota Banda Aceh.

Sosialisasi ini dihadiri langsung Dekan Fakultas Pendidikan dan Pembangunan Manusia UPSI, Prof DR Siti Eshah Binti Mukhsin dan sejumlah dosen dari Negeri Jiran tersebut. Hadir juga Kepala Disdikbud Kota Banda Aceh, Syaridin dan jajarannya.

Kata Zainal Arifin, kemajuan suatu daerah tidak terlepas dari SDM yang handal, berkualitas dan bertanggung jawab. Karenanya, untuk menciptakan kualitas SDM tersebut, maka diperlukannya sistem dan pengelolaan pendidikan yang lebih profesional melalui jalur akademis.

“Hal ini sejalan dengan misi Pemko Banda Aceh, dimana pendidikan merupakan hal yang utama dalam memajukan suatu daerah. karenanya, meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Banda Aceh kearah yang lebih baik menjadi fokus kami,” ungkapnya.

Lanjutnya, guru harus lebih dinamis dan kreatif dalam mengembangkan proses pembelajaran peserta didik. Guru di masa mendatang harus lebih peka dan memahami terhadap informasi dan pengetahuan yang sedang tumbuh dan berkembang. Karena di masa depan guru bukanlah satu-satunya orang yang lebih pandai di tengah-tengah peserta didiknya.

“Jadi kesempatan melanjutkan program pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan ilmunya dapat disebarkan ke peserta didik nantinya,” tambahnya.

Informasi dari kadisdikbud Kota Banda Aceh, Syaridin, tahun ini Pemko akan kembali mengirim sejumlah guru belajar ke Fakultas Pendidikan dan Pembangunan Manusia UPSI, Perak Malaysia.

“Kita akan kirim guru belajar ke UPSI program Prodigy, tentu kita seleksi dulu. Jumlahnya belum kita tentukan karena kita lihat kurs Ringgit dulu,” ujar Syaridin.

Katanya, tahun 2017 lalu juga telah dikirimkan guru SMP sebanyak 32 orang. Untuk tahun 2018 yang akan dikirimkan adalah guru PAUD dan SD. “Semua ini kita lakukan sesuai dengan cita-cita Pemerintahan Amin-Zainal yang ingin terus meningkatkan kualitas pendidikan di Banda Aceh sebagai kota Pendidikan di Aceh,” tutup Syaridin.[acl/rilis]

Shares: