Tim Medis TNI AU Buka Pelayanan Kesehatan Gratis di Aceh

POPULARITAS.COM – Dalam rangka menyukseskan perhelatan Sail Sabang 2017, TNI-AU turut ambil adil dalam mengisi serangkaian kegiatan. Sebanyak 100 tenaga medis dari tim kesehatan Mabes TNI-AU turut diterbangkan ke Aceh untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyArakat di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. 

Para personel tenaga medis dan sejumlah perlengkapan serta obat-obatan, tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang Aceh Besar menggunakan pesawat Hercules TNI-AU A 1319, Sabtu (25/11/2017).

Kepala Dinas Kesehatan Preventif Mabes TNI AU, Letkol Kos Indro Chukiono, mengatakan pusat pelayanan kesahatan masyarakat itu nantinya akan dipusatkan di Politeknik Venezuela (Poliven) Aceh Besar,  berlangsung selama dua hari mulai Senin 27 hingga 28 November 2017.

“Sail Sabang 2017 inikan program kementerian pariwisata jadi kita dari TNI-AU ikut dalam mengisi serangkaian acara tersebut salah satunya Bakti Sosial,” katanya. 

Indro menjelaskan, pelayanan kesehatan yang diberikan itu nantinya meliputi pelayanan kesehatan umum, spesialis, periksa mata serta operasi katarak gratis bagi masyarakat yang membutuhkan, operasi bedah minor, khitan, pengobatan gigi, dan lainnya.

Sementara untuk tim tenaga medis dari tim kesehatan TNI-AU bekerjasama dengan pihak Walubi  (Perwakilan Agama Budha Indonesia) di Jakarta dan  Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Depansar, Bali. 

“Total semua tim kesehatan ada 100 personel, 53 tim medis dari TNI-AU dan 23 dari simpatisan bekerjasama dengan Walubi  serta 24 orang dari tim YKI,” ujarnya, 

Indro menambahkan,  pihaknya mentargetkan untuk pengobatan umum dan spesialis mencapai 2000 hingga 2500 orang, untuk operasi katarak 100 pasien sementara pembagian kaca mata gratis ditarget 2000 kaca mata. Sementara untuk bedah minor ditargetkan 100 pasien, khitan 50 hingga 100 orang dan gigi 500 pasien.

“Diharapkan masyarakat bisa antusias untuk ikut dalam pelayanan kesehatan gratis ini,” tuturnya. 

Selain itu, katanya, sasaran pelayanan kesehatan gratis tersebut diperuntukkan bagi masyarakat umum tidak ada batasan bagi warga yang ingin berobat. 

“Apabila ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kami selalu siap membantu. Tidak membedakan antara masyarakat miskin atau kaya kami tetap membantu sesuai dengan standar pelayanan kesehatan,” pungkasnya.[acl]

PENULIS : ZUHRI

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.