Tim Haji Uma Berhasil Pulangkan 3 TKI Sakit Asal Aceh

POPULARITAS.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah ( DPD-RI), Sudirman alias Haji berhasil memulangkan 3 TKI Asal Aceh yang selama ini menderita sakit di Malaysia. Pemulangan itu dilakukan pada Rabu (20/1) melalui Bandara Kualanamu Medan Sumatera Utara

Pemulangan ketiga TKI asal Aceh ini prosesnya sedikit rumit, ditengah masa pandemic Covid-19, karena sejak tanggal 13 Januari 2021 kemarin, Malaysia kembali memberlakukan Pelaksanaan Perintah Kawalan Pergerakan (PPKP) dengan kata lain Lockdon, sehingga jadwal awal pemulangan 3 TKI Asal Aceh yang semestinya tanggal 14 Januari harus bergeser ke tanggal 20 Januari 2021, jelas Haji Uma.

Sesampainya di Bandara Kualanamu Sumatera Utara, ke 3 warga Aceh ini bersama penumpang lainnya langsung di karantina oleh Satgas Penanganan Covid-19

salah satu Tenaga Kerja Indonesia ( TKI) Asal Aceh yang sakit di Malaysia di pulangkan pada Rabu (20/1). / Foto : Ist

“Alhamdulillah atas bantuan KBRI Malaysia dan kerja keras Abu Saba bersama Haikal di Malaysia, ketiga TKI Aceh yang selama ini menderita sakit di Malaysia sudah tiba di tanah air tadi pagi” ungkap Haji Uma bersyukur setelah mendengar ketibaan para TKI asal Aceh tersebut telah sampai di Aceh.

Anggota DPD Asal Aceh Utara ini, sangat mengapresiasi bantuan KBRI Malaysia dan kerja keras Abu Saba bersama Haikal yang selama ini membantu para TKI Aceh di Malysia.

Dimalam terakhir sebelum pemberlakuan PPKP oleh pemerintah Malaysia, pada 12 januari 2021, Abu saba dan Haikal harus bekerja keras menjemput ketiga TKI penderita sakit dikediaman masing-masing untuk ditempatkan di rumahnya, karena mulai tanggal 13-26 Januari 2021 sudah di berlakukan PPKP di Malaysia

Nyakni tidak boleh melakukan kegiatan dan bepergia melebihi jarak 10 Km, sementara ketiga warga Aceh tersebut harus dilakukan pengurusan dokumen lebih lanjut untuk dapat kembali ke Indonesia ceritanya lagi.

Salah Satu TKI Asal aceh yang mengalami lumpuh, di Malaysia dipulangkan ke Aceh oleh Tim Haji Uma pada Rabu (20/1) / Foto: Ist

Adapun tiga warga Aceh yang mengalami sakit di Malaysia dan dibantu pemulangannya oleh Haji Uma, adalah Khalis Wandi asal Papeun Nicah Kec. Keumala Kab. Pidie menderita lumpuh akibat stroke, Abdullah Yusuf asal Desa Blang Seurikuy Syamtalira Bayu Kab. Aceh Utara pasien paska operasi pengangkatan tempurung kepala dan Ichsan asal Lawang Kec. Peudada Kab. Bireuen penderita lumpuh sebagian anggota tubuh, selama ini ketiga TKI asal Aceh tersebut dirawat olh Abu Saba dan Haikal di rumahnya.

Sementara untuk biaya pemulangan ketiga waraga Aceh yang sakit tersebut sebagian dibantu oleh pihak keluarga karena selama Covid-19 biaya pemulangan TKI lebih besar dibandingkan pemulangan dalam situasi normal sebelum Covid-19.

 

Comments
Loading...