News

Tim Gabungan Periksa Kapal Milik Rusia di Aceh Besar

Kapal Rusia. (ist)

POPULARITAS.COM – Tim gabungan dari Polda Aceh, TNI AL, Bea Cukai, Imigrasi, Kodim Banda Aceh, Dinas Karantina Kesehatan dan Badan Intelijen Negara melakukan pengecekan kapal asing  La Datcha George Town milik Rusia yang berada di perairan Aceh Besar, Senin (8/2/2021).

Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy mengatakan, kapal yang kini berada di perairan Aceh Besar itu membawa penumpang sebanyak 18 awak kapal. Mereka berangkat dari Maladewa menuju Singapura.

“Identitas kapal asing itu merupakan dari perusahaan kapal Damen Shipyards,Tipe Kapal Commercial Vessel, Nomor pembuatan: 144 IN 2020 George Town, Nomor Seri Kapal: 749575, Panjang: 76.98, Tinggi: 14.00, dan Lebar: 6.55,” sebut Winardy dalam keterangannya, Senin (8/2/2021).

Winardy menjelaskan, dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa kapal asing itu telah singgah di perairan Pulo Rusa sejak Kamis (4/2/2021). Selama di sana, mereka hanya menikmati wisata dan snockling untuk melihat keindahan taman laut.

“Namun untuk melanjutkan perjalanan ke Singapore belum dapat ditentukan jadwal berangkatnya,” tutur Winardy.

Ia menambahkan, untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut dan pelaksanaan Swab PCR, maka kapal sudah diminta merapat ke Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

“Informasi dari Komandan Kapal Angkatan Laut Iboih, pelaksanaan penyidikan kapal pesiar La Datcha akan dilakukan oleh penyidik Angkatan Laut di Lanal Sabang.”

“Untuk kepentingan tersebut, setelah hasil Swab PCR awak kapal telah keluar maka kapal pesiar La Datcha akan ditarik ke Pangkalan Lanal Sabang,” tambah Winardy.

Editor: dani

Shares: