News

Tiket 10 Destinasi Ini Diskon Setengah Harga

Dispar: 123.391 wisatawan kunjungi Banda Aceh
Ilustrasi, wisatawan mancanegara mengunjungi obyek wisata PLTD Apung di Banda Aceh, Aceh, Rabu (26/9/2018). Kementerian Pariwisata menargetkan sebanyak 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019 dan menetapkan 10 destinasi pariwisata baru untuk menggenjot investasi pada sektor kepariwisataan.(ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA)

JAKARTA (popularitas.com) – Pemerintah mengumumkan pemberian diskon penerbangan di sepuluh destinasi domestik. Ini merupakan langkah untuk mengantisipasi imbas virus Corona terhadap pariwisata.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Novie Riyanto, menjelaskan bahwa diskon ini berlaku untuk semua penerbangan yang memiliki rute menuju 10 destinasi wisata. Adapun 10 destinasi ini secara lengkap sebagai berikut:

  1. Batam
  2. Denpasar
  3. Yogyakarta
  4. Labuan Bajo
  5. Lombok
  6. Malang
  7. Manado
  8. Silangit
  9. Tanjung Pandan
  10. Tanjung Pinang

“Penentuan 10 destinasi ini sudah dikoordinasikan dengan semua kementerian/lembaga terkait, kami berkoordinasi dengan baik dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Novie dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 25 Februari 2020.

Dia menjelaskan, diskon ini berlaku dengan kuota 25% dari setiap penerbangan. Adapun diskon yang berlaku besarannya berbeda pada masing-masing kelas penerbangan.

Untuk penerbangan full service, diskon dipatok 45% dari harga tiket. Selanjutnya penerbangan medium class mencapai 48%, dan low cost carrier (LCC) dipatok 50% dari harga tiket.

“Di dalam komposisi insentif ada kurang lebih 30% dari uang negara (APBN), selanjutnya ada kontribusi dari fuel Pertamina, serta penyelenggara layanan bandara dan navigasi,” dia menambahkan.

Diskon ini rencananya diberlakukan mulai Maret 2020 sampai 3 bulan berikutnya. Artinya, diskon berlaku sepanjang Maret, April dan Mei 2020.

“Itu jangka waktu 3 bulan pada saat low season ini. Tujuannya agar penerbangan domestik punya daya saing tinggi. Setelah itu pada saat high season Lebaran akan kita review,” dia membeberkan.

Sumber: Detik

Shares: