NewsPolitik

Tiga perempuan bertarung dalam pemilihan keuchik di Banda Aceh

Dari 85 orang kandidat calon keuchik yang mengikuti pesta demokrasi tingkat gampong ini, ada tiga orang di antaranya adalah perempuan. Mereka adalah Andy Tri Desiliana yang mendaftarkan dirinya sebagai Keuchik Gampong Ateuk Pahlawan Kecamatan Baiturrahman.
Ilustrasi pilchiksung (AJNN)

POPULARITAS.COM – 25 gampong (desa) di sembilan kecamatan dalam wilayah Pemerintahan Kota Banda Aceh akan melaksanakan Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) serentak pada Minggu (14/11/2021) mendatang.

Dari 85 orang kandidat calon keuchik yang mengikuti pesta demokrasi tingkat gampong ini, ada tiga orang di antaranya adalah perempuan. Mereka adalah Andy Tri Desiliana yang mendaftarkan dirinya sebagai Keuchik Gampong Ateuk Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman.

Lalu, Asmara Dewi yang mendaftarkan dirinya menjadi Keuchik Gampong Lamglumpang, Ulee Kareng, serta  Cut Asma Teuku Husin yang mendaftarkan dirinya sebagai Keuchik Gampong Lueng Bata, Lueng Bata.

Salah seorang kandidat, Andy Tri Desiliana menyampaikan keseriusannya untuk ikut mencalonkan diri sebagai keuchik Gampong Ateuk Pahlawan. Siapapun yang terpilih, dia ingin adanya perubahan nyata untuk gampong Ateuk Pahlawan di masa yang akan datang.

“Siapapun yang terpilih nanti, saya mengharapkan gampong Ateuk Pahlawan menjadi gampong yang transparan dalam pengelolaan anggaran gampong,” ujar Desi, sapaan akrabnya, dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).

Menurutnya, perlu peningkatan kapasitas dan profesionalisme dalam bidang birokrasi kinerja perangkat gampong dan mampu bersinergi dengan masyarakat, sehingga capaian pembangunan berbanding lurus dengan kesejahteraan warga.

Maju sebagai kandidat keuchik, Desi mengusung visi berkerja melayani masyarakat gampong Ateuk Pahlawan yang dilandasi dengan niat ibadah.

“Demi tercapainya masyarakat Gampong Ateuk Pahlawan yang maju, tumbuh, sehat, aman dan sejatera, serta berahlak mulia,” tutur Desi.

Dalam kesempatan itu, Desi juga meminta kepada masyarakat untuk teliti dalam memilih keuchik. Seorang kepala desa, kata dia, harus yang berkualitas demi kemajuan gampong Ateuk Pahlawan.

“Lihat benar-benar seperti apa calon keuchik yang akan dipilih nantinya,” pungkasnya. []

Shares: