News

Tiga PDP Covid-19 Sembuh, Kasus ODP Bertambah di Aceh

Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) —Tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Positif Covid-19 di Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin Banda Aceh (RSUZA) dinyatakan sembuh dan dikembalikan ke Dinas Kesehatan kabupaten/kota untuk tindakan pengawasan selanjutnya.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, yang juga Juru Bicara Covid-19, Saifullah Abdulgani setelah memperoleh laporan tertulis dari Direktur RSUZA Banda Aceh Azharuddin, Minggu, 5 April 2020.

Ketiga PDP konfirmasi Positif Covid-19 yang dilaporkan sudah konfirmasi Negatif itu, masing-masing Tn IB (60 tahun) asal Aceh Besar,  Tn YRP (23 tahun) asal Aceh Besar, dan Ny IF (60 tahun) dari Banda Aceh. Pihak RSUZA Banda Aceh mendapat laporan dari Dinas Kesehatan Aceh terkait pemeriksaan terakhir swab ketiga pasien tersebut.

ODP Bertambah

Sementara itu, SAG menyampaikan data akumulatif Covid-19 Aceh berdasarkan laporan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 dari 23 kabupaten/kota.

Ia mengatakan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) per tanggal 5 April 2020, pukul 17.00 Wib, bertambah sebanyak 52 orang di seluruh Aceh. Jumlah ODP kemarin, Sabtu (4/3), sebanyak 1.176 kasus, hari ini menjadi 1.228 kasus.

ODP dalam proses pemantauan, kata SAG, sebanyak 807 kasus, dan ODP sudah selesai masa pemantauan sebanyak 421 kasus. “ODP dalam pemantauan harus menyelesaikan masa isolasi mandiri selama 14 hari, sejak ia kembali dari wilayah penularan Covaid-19, baik dari dalam maupun luar negeri,” tegas SAG.

Sementara itu, jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP), lanjut SAG, sebanyak 54 orang, yakni dalam perawatan rumah sakit rujukan di RSUZA Banda Aceh, dua kasus. PDP lainnya dirawat di rumah sakit rujukan di kabupaten/kota. PDP yang pernah dirawat dan sudah pulang sebanyak 45 kasus. Sedangkan PDP yang meninggal sebanyak satu kasus.

“PDP yang belum ada konfirmasi dan meninggal satu kasus. Kemudian keluar hasil laboratorium  dan terbukti Negatif,” jelasnya.

Sedangkan jumlah PDP konfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 5 kasus, yakni satu dirawat di RSUZA Banda Aceh, tiga PDP Positif Covid-19 telah sembuh dan diperbolehkan pulang untuk proses pengawasan di rumahnya. Sedangkan satu PDP konfirmasi positif telah meninggal, Maret 2020.

Walaupun sudah ada tiga pasien Positif Covid-19 dinyatakan sembuh, namun kewaspadaan dan upaya-upaya pencegahan penularan virus corona wajib dilakukan. Menjaga jarak fisik (physical distancing) dan tidak berkumpul (social stancing) merupakan ikhtiar yang wajib diterapkan dalam kehidupan semua orang saat ini.

“Selain ikhtiar yang maksimal, juga memohon kepada Allah Swt agar senantiasa melindungi masyarakat Aceh dan menjauhkan segala marabahaya, termasuk dari ancaman saat ini, virus corona,” katanya. (RIL)

Shares: