Tiga Kelompok Nelayan di Aceh Barat Dapat Bantuan Kapal

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyerahkan tiga unit kapal tangkap ikan kapasitas 4 Grosston (GT) senilai Rp855 juta untuk tiga kelompok usaha bersama nelayan.

Bupati Aceh Barat Ramli MS mengatakan penyerahan bantuan kapal tangkap ikan tersebut bertujuan meningkatkan perekonomian nelayan dan produksi ikan bagi masyarakat.

“Bantuan salah satu misi dalam rangka membangun ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada sektor sumber daya alam, untuk membalas jasa rakyat,” kata Ramli seperti dilansir laman Antara, Rabu (20/10/2021).

Ia menjelaskan, bantuan kapal nelayan tersebut diserahkan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Leuhan Makmur Desa Leuhan Kecamatan Johan Pahlawan, kemudian KUB Jaya bersama Desa Ujong Drien dan KUB Semangat Nelayan Desa Meureubo, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.

Ramli MS mengatakan bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan.

Ia berharap, bantuan tersebut dapat dipergunakan dengan baik guna mendorong peningkatan ekonomi nelayan.

“Dengan adanya manajemen yang baik, nelayan yang tergabung dalam KUB ini bisa menambah lagi peralatan dan kapal tangkap ikan secara mandiri,” kata Ramli MS.

Ia juga meminta kepada KUB agar menjaga dan merawat bantuan yang diberikan, agar pemanfaatannya lebih maksimal dalam mensejahterakan ekonomi nelayan.

“Jangan sia-siakan bantuan ini, rawat dan kembangkanlah menjadi lebih maju sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh nelayan dan masyarakat ” katanya.

Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Barat Erni Wanti berharap nelayan penerima bantuan kapal motor tersebut dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Pihaknya berupaya meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui program-program yang menyentuh nelayan secara langsung, sehingga nelayan di wilayah Aceh barat mandiri dalam menjalankan aktivitasnya.

Comments
Loading...