Tiga Armada Laut Ditambah Jelang Sail Sabang

BANDA ACEH – Menjelang perhelatan Sail Sabang 2017 yang akan berlangsung mulai 28 hingga 5 November mendatang, tiga armada kapal roro dipersiapkan untuk mengangkut penumpang dari pelabuhan Ulee Lheu menuju Balohan Sabang. Ketiga kapal itu akan berlayar hingga sembilan trip per hari.

Tiga kapal disiapkan tersebut ialah kapal motor penyeberanagn KMP BRR, KMP Tanjung Burang, dan KMP Belanak yang didatangkan langsung dari Medan, Sumatera Utara.  Penambahan armada kapal itu dilakukan karena diprediksi  event sail akan mengundang sejumlah wisatawan datang ke Pulau Weh.

Nahkoda kapal KMP BRR, Muhammad Noer mengakatakan, kapal tersebut nantinya menampung 450 hingga 500 orang penumpang dan ditambah 40 unit kendaraan roda empat pribadi serta seratusan sepeda motor dan 26 unit kendaraan berbadan besar ukuran campuran.

“Selain penambahan kapal juga dilakukan penambahan frekuensi pelayaran jika jumlah penumpang meningkat,” kata Muhammad Noer, Jumat (17/11/2017).

Kendati demikian, Muhammad menyebutkan pihaknya juga akan melihat kondisi jika jumlah kendaraan meningkat maka akan dikurangi untuk pengangkutan kendaraan berbadan besar.

Selain itu, untuk armada angkutan kapal ekspres direncanakan akan dilakukan penambahan frekuensi pelayaran. Ada tiga armada yang telah dipersiapkan Ekspres Bahari 2F, Ekspres Bahari 8B dan Ekspres Cantika 89.

“Jadwal keberangkatan armada yang ditambah ini akan dimulai sejak 24 November 2017 empat hari sebelum event Sabang Sail berlangsung,” jelasnya.

Sail Sabang 2017 mengusung tema “Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia” direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2017.

Titik utama event Sail Sabang difokuskan pada tiga titik yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Sabang Fair, dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Selama pagelaran Sail Sabang para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai macam event diantaranya menulis Blog, lomba photo dan video drone, sepeda santai, Sabang Wonderful dan Marine Expo, Pentas Wonderful Sabang, Parade Kapal Tradisional, Sabang Bazaar, Festival Kuah Beulangong, Festival Kopi dan Kuliner, Parade Budaya, Tarian Kolosal Laksamana Keumalahayati, Paramotor dan Aerobatic Show, Kunjungan Kapal Pesiar Islami, City Tour Sabang dan Banda Aceh, Kunjungan Kapal Bima Suci dan Dewa Ruci, Terjun Payung, Yacht Rally, dan lainnya.[acl]

PENULIS : ZUHRI NOVIANDI

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.