News

Tiba di Aceh, Dua Jemaah Haji Asal Bireuen Dirujuk ke RSUZA

Istimewa

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dua Jemaah haji Aceh kloter 9 yang berasal dari Kabupaten Bireuen dan Aceh Besar, harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, Banda Aceh.

Jemaah Haji kloter 9 ini tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda Kamis 12 September 2019. Mereka tiba pukul 01:00 WIB setelah lepas dari Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED) pukul 12:30 Waktu Arab Saudi (WAS).

“Jemaah haji kita dari kloter 9 telah mendarat di Bandara SIM, tadi pukul 01:00 WIB. Ada dua jemaah kita yang harus dirujuk ke RSUZA,” kata Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh, Saifuddin.

Sementara itu, panitia kesehatan debarkasi Aceh, Dokter Maya Sofia mengatakan, dua jemaah asal Kabupaten Bireuen dirujuk ke RSUZA dan delapan lainnnya diobservasi di klinik kesehatan asrama haji.

“Dua jemaah dari Bireuen, dari bandara langsung kita rujuk ke RSUZA. Delapan jemaah lain juga kita rawat di klinik,” ujar Dokter Maya.

Mahdalena (42 tahun) dirujuk ke RSUZA karena muntah dan nyeri di perut bagian atas. Ia juga mengidap hipertensi tingkat 2. Sementara Isnaini (48 tahun) mengidap penyakit lupus (SLE). Ia juga kekurangan albumin dan mengalami anemia. Keduanya sedang untuk dikonsulkan ke bagian interna RSUZA.

Menurut Saifuddin, jemaah yang tiba sebanyak 392 orang, dengan rincian 147 jemaah laki-laki dan 245 perempuan. Jemaah yang berangkat ke Arab Saudi sebanyak 391 orang, dua orang meninggal dunia di Arab Saudi, tapi ada dua jemaah dari kloter 12 dan satu dari kloter 10 yang mutasi masuk dan pulang bersama kloter ini.

Sebelumnya, Amiruddin Muhammad Adam (54 tahun) asal Peusangan, meninggal dunia di Mina, Rabu 14 Agustus lalu, dan Muhammad Yusuf Ismail Bugeeh (70 tahun) Jeumpa, meninggal dunia di RS King Faisal, Sabtu, 24 Agustus.

Katijah Said Galeng dan Abad Dogek Muhammad Yasin yang tergabung dalam kloter 12-BTJ dan Bukhari Nyak Ubat dari kloter 10-BTJ ikut pulang bersama kloter ini. Ketiganya berasal dari Aceh Selatan.

Bukhari Nyak Ubat (67 tahun) juga ikut dirujuk ke RSUZA setelah observasi di klinik kesehatan asrama haji. Ia didiagnosa mengidap penyakit paru obstruktif kronis (COPD).

Humas PPPIH, M Nasril mengatakan bahwa sudah 3.514 jemaah haji yang tiba di Aceh, masing-masing 392 jemaah kloter 1, 388 jemaah dari kloter 2, 391 jemaah kloter 3, 388 jemaah dari kloter 4, 388 jemaah kloter 5, 392 jemaah kloter 6, 391 jemaah dari kloter 7, 392 jemaah kloter 8 dan 392 jemaah dari kloter 9.

“Dari 4.666 jemaah kita yang berangkat, di Arab Saudi tinggal tiga kloter atau 1.137 orang lagi, karena 15 orang telah meninggal dunia. Insya Allah, Jumat (13/9) dinihari besok, jemaah kita dari kloter 10 juga akan tiba di Aceh,” jelas Nasril. (ASM)

Shares: