News

Teungku Munawir, putra Aceh jadi imam di Amerika

Teungku Munawir, putra Aceh jadi imam di Amerika
Teungku Munawir (tengah), putra Aceh jadi imam di Amerika. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Seorang putra Aceh, kelahiran Blang Cut, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara pada 22 Maret 1993 silam, Teungku Munawir Umar terpilih menjadi Imam Masjid di New York, Amerika Serikat. Ia akan berada di sana untuk beberapa tahun ke depan.

Teungku Munawir bertolak menuju New York Amerika Serikat melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Banda Aceh pada Minggu (31/7/2022). Namun, alumnus Dayah Ulumuddin Lhokseumawe tersebut akan singgah di Jakarta terlebih dahulu, sebelum menuju New York pada Selasa (2/8/2022) malam.

Saat menuju Bandara SIM kemarin, Munawir diantar kerabat seangkatannya di Dayah Ulumuddin yang kini sudah menetap di Banda Aceh, Aulia Rahman; Rizky Syawarullah; M. Rudy Syahputra; dan Ariful Azmi Usman.

Di sela-sela keberangkatan, Munawir mengatakan tugas mulia sebagai imam masjid tersebut akan dimulai pada Agustus 2022.

“Insya Allah nanti di sana di Masjid Al-Hikmah/Indonesia Muslim Community. Doakan ya,” kata Munawir, Minggu (31/7/2022).

Selain menjadi imam masjid, ia juga akan mengajar di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani Connecticut. Juga mengajar Leadership Training.

“Nanti insya Allah di sana mengajar untuk komunitas Indonesia dan muslim Amerika,” sebutnya.

Menjadi imam masjid di Amerika dan mengajar di sana, menjadi tantangan tersendiri baginya. Ia sudah mempelajari apa yang bisa dilakukannya selama berada di sana.

“Tantangannya, memberikan gambaran dan pengertian kepada seluruh lapisan masyarakat di Amerika, bahwa Islam pada dasar adalah menaungi seluruh lapisan kehidupan dan sangat respons terhadap persoalan-persoalan kemanusiaan, atau dalam Hak Asasi Manusia,” ungkapnya.

Munawir mengawali pendidikan dasar di SD Negeri 2 Meurah Mulia, kemudian lanjut ke Dayah Ulumuddin, Kota Lhokseumawe sampai tingkat Aliyah selama enam tahun.

Selesai dari Ulumuddin, Munawir melanjutkan pendidikan ke Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Pendidikan S2 diselesaikan di UIN Syarif Hidayatullah, dan melanjutkan program S3 di lembaga pendidikan yang sama saat ini.

Di Jakarta Teungku Munawir juga merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi Islam dan guru Tahfiz Quran di beberapa madrasah di Jakarta. Sejak sekolah, Teungku Munawir sudah menjadi siswa berprestasi, ia juara di sejumlah ajang yang diikutinya, seperti Musabaqah Fahmil Quran di tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

Munawir akan terbang ke Amerika dengan menggunakan Pesawat ANA Airlines, dari Jakarta kemudian transit di Jepang. Dan selanjutnya berangkat ke New York dengan penerbangan selama 13 jam sesuai jadwal.

Munawir mengharapkan doa dan restu dari masyarakat Aceh, agar sukses menjalankan tugasnya melakukan syiar Islam di negeri Paman Sam tersebut nantinya.

Shares: