News

Teuku Dadek: Tahapan Pembangunan Tol Binjai-Langsa Terus Berjalan

Teuku Dadek: Tahapan Pembangunan Tol Binjai-Langsa Terus Berjalan
Kepala Bappeda Aceh, Teuku Ahmad Dadek

BANDA ACEH (popularitas.com) – Asisten II Sekretariat Daerah Aceh, Teuku Ahmad Dadek mengatakan tahapan pembangunan ruas Tol Binjai-Tamiang-Langsa terus berjalan. Pembentukan panitia lokal pengadaan tanah juga sudah pernah dilakukan, namun sempat terkendala akibat wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Panitia lokal kan harus mengadakan pertemuan langsung dengan masyarakat. Karena adanya pemberlakuan social distancing makanya ditunda,” ungkap Teuku Dadek saat dihubungi, Rabu (20/5/2020).

Menurut Asisten yang membidangi Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh itu, meski sempat terkendala saat ini pembentukan panitia lokal pengadaan tanah untuk pembangunan ruas Tol yang menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dan Aceh tersebut saat ini sudah dilaksanakan.

“Tapi sekarang sudah dibentuk,” ucapnya.

Pemerintah Aceh sangat serius mewujudkan pembangunan jalan ruas jalan tol tersebut. Rapat-rapat terkait percepatan pembangunan infrastruktur jalan Tol sepanjang 44,3 kilometer itu terus dilakukan. Bahkan, 11 Mei 2020 lalu, Pemerintah Aceh sudah menggelar rapat bersama dengan Kantor Staf Presiden (KSP) guna membahas persoalan di lapangan.

Dalam rapat video conference itu, Pemerintah Aceh menyampaikan bahwa memang sempat ada pertimbangan menunda tahapan persiapan pengadaan tanah, dikarenakan wabah Covid-19. Namun, dalam kesempatan itu didapat kesepakatan tahapannya akan dilanjutkan dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

“Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, telah menyampaikan dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPTT), sekaligus permohonan izin penetapan lokasi (penlok) kepada Gubernur Aceh,” ungkap Dadek.

Menindaklanjuti rapat dengan KSP, kata Dadek, Pemerintah Aceh mengundang stakeholder terkait membahas persiapan pengadaan tanah jalan Tol ruas Binjai-Langsa, pada 13 Mei 2020. Hasilnya, tahapan persiapan pengadaan tanah pembangunan Tol ruas Binjai-Langsa (Segmen Tamiang-Aceh Timur-Langsa) dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh.

“Kemudian, draft SK Gubernur Aceh tentang pembentukan tim persiapan pengadaan tanah sudah diserahkan,” ujar Dadek.

“Plt PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol ruas Binjai-Langsa, juga sudah diminta menyiapkan draft time schedule pelaksanaan dan RAB persiapan secepatnya,” pungkas pria yang juga Ketua P2K-APBA ini.[adv]

Shares: