News

Teuku Abdul Hamid Azwar Diusul Jadi Pahlawan Nasional

Teuku Abdul Hamid bersama Presiden Soekarno. (ist)

POPULARITAS.COM – Dinas Sosial Aceh menggelar seminar tingkat provinsi Aceh terhadap Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai pahlawan nasional di dinas setempat, Banda Aceh, Jumat (16/4/2021).

Seminar ini menghadirkan tiga pemateri yakni Joko Irianto (Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Kementerian Sosial RI), Hermansyah (Filolog dan Peneliti di PUSAKA UIN Ar-Raniry), dan Adli Abdullah (Akademisi).

Kepala Dinas Sosial Aceh, Yusrizal mengatakan, seminar ini merupakan salah satu persyaratan untuk menetapkan Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai pahlawan nasional.

“Kegiatan seminar ini untuk memenuhi persyaratan penetapan Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai pahlawan nasional,” kata Yusrizal.

Yusrizal berharap, seminar ini dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang sosok Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar dan perjuangannya dalam meraih kemerdekaan.

Ia juga berharap seminar ini dapat membuka lebih luas lagi riwayat perjuangan Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar dalam mengusir penjajah.

Diharapkan, seminar ini melahirkan sebuah rekomendasi tentang sosok Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar yang nantinya dapat diserahkan kepada pemerintah pusat.

“Rekomendasi ini akan disampaikan kepada pemerintah pusat di Jakarta bahwa Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar pantas dikukuhkan sebagai pahlawan nasional dari Aceh,” ucap Yusrizal.

Editor: dani

Shares: