News

Terkendala Cuaca, Kapal Aceh Hebat 1 Gagal Berlayar ke Simeulue

Kapal Aceh Hebat 1. (Antara)

POPULARITAS.COM – Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 tujuan Calang – Sinabang, Kabupaten Simeulue gagal berangkat pada Rabu (31/3/2021) kemarin sore, karena cuaca buruk yang melanda perairan laut Aceh.

“Iya karena cuaca buruk, sehingga kapal tidak berangkat,” kata Kepala Syahbandar Pelabuhan Calang melalui Pejabat Pembuat Komitmen Azwana Amru seperti dilansir laman Antara, Kamis (1/4/2021).

Hingga ini kapal Aceh Hebat 1 masih bersandar di Pelabuhan Calang Aceh Jaya, yang Rabu (31/3) sore tiba mengangkut penumpang dari Pelabuhan Solok Sinabang, Simeulue.

Azwana mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan prakiraan cuaca dari BMKG. Pihaknya tidak bisa berlayar tanpa berita acara dari BMKG terkait kondisi cuaca untuk berangkat.

“Kalau kemarin memang cuacanya sangat buruk, hari ini juga belum pasti berangkat kita tunggu kabar BMKG pada jam 12.00 WIB,” kata Amru.

Amru mengharapkan kepada para penumpang untuk bisa bersabar sembari menunggu pemberitahuan selanjutnya untuk keberangkatan.

“Memang kalau penumpang dari kemarin mendesak untuk bisa berangkat, namun karena cuaca buruk kita tidak bisa mengambil risiko jika memang belum ada keputusan dari BMKG yang menyampaikan cuaca baik,” katanya.

“Karena kemarin gelombang sampai 4 meter, kita berharap penumpang bersabar demi keselamatan bersama,” kata Amru lagi.

Kata Amru selain kapal Aceh Hebat I, kapal perintis juga tidak bisa berangkat dari Sinabang menuju Calang karena cuaca buruk, yang seharusnya kapal tersebut tiba di Calang pada Kamis, pagi.

Shares: