News

Tenggelam Saat Bekerja, Nahkoda KM Jasa Poma Baru Meninggal

Tenggelam Saat Bekerja, Nahkoda KM Jasa Poma Baru Meninggal

ACEH TIMUR (popularitas.com) – Nahkoda KM Jasa Poma Baru, Muhammad Husen (31) warga Desa Titi Baro, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur meninggal dunia akibat ternggelam ke laut saat bekerja.

Kasubbag Humas Polres Aceh Timur, AKP Muhammad Nawawi mengatakan, pada Kamis, 09 Juli 2020 sekira pukul 04.45 WIB Kapal KM. Jasa Poma Baru melakukan aktivitas di perairan Idi seperti biasa yaitu menurunkan jaring pukat ke laut guna menangkap ikan.

Namuan kata Nawawi, setelah jaring pukat diturunkan pada tahap terakhir para ABK mengambil ujung jaring pukat dengan ditandai jerigen kosong berwarna putih Akan tetapi tidak dapat diraih meskipun menggunakan sebatang batang bambu serta dipasangi juga mata pancing sebagai penggit.

“Karena tak dapat diraih korban spontan langsung melompat dari atas kapal yang diperkirakan lebih kurang 12 meter dari kapal guna mengambil lampung pukat tersebut,” kata Muhammad Nawawi.

Selanjutnya ABK yang lain, Rali Abdullah melempar tali kepada korban agar bisa diikat ke pelampung yang diambil korban. Namun tidak lama kemudian terdengar teriakan minta tolong dari korban. Saat itu juga ABK atas nama Tarmizi dan Rali Abdullah melompat ke laut guna menolong korban yang pada saat itu sudah dalam keadaan tenggelam.

Setelah ABK Tarmizi dapat meraih korban, selanjutnya korban dinaikan ke atas sampan kecil, kemudian dinaikkan ke atas kapal untuk mendapatkan pertolongan.

“Pada pukul 10.30 WIB KM. Jasa Poma Baru tiba di Kuala Idi beserta ABK kapal lainya yang dibantu oleh anggota Satpolair Polres Aceh Timur, BPBD Aceh Timur, Lanal Pos Idi membawa korban ke Rumah Sakit Umum dr. Zubir Mahmud, Idi dan oleh petugas dinyatakan korban telah meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa pulang oleh keluarga untuk dikebumikan,” tutupnya.[acl]

Reporter: Risky

Shares: