News

Tenggelam 160 Mil dari Meulaboh, ABK KM Rante Dievakuasi ke Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Tiga anak buah kapal (ABK) KM Rante yang sebelumnya tenggelam di jarak 160 mil dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, tiba di PPS Kutaraja, Kota Banda Aceh pada Sabtu (11/9/2021).

Wakil Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek mengatakan, tiga ABK tersebut masing-masing Andri, Rizal, dan Iyan merupakan warga Kabupaten Aceh Barat.

“Kami Sekretaris Panglima Laot Aceh bersama DKP Aceh Barat dan Polair di PPs Kutaraja Banda Aceh, hari ini menerima dan membawa kembali mereka ke Padang Siraheut-Meulaboh,” kata Miftach dalam keterangannya, Sabtu (11/9/2021).

Ia menjelaskan, kapal milik Samsul Bahri tersebut tenggelam di perairan 160 mil dari Meulaboh, Aceh Barat pada Kamis (9/9/2021). Saat tenggelam, mereka diselamatkan oleh kapal pukat asal Sibolga, Sumatera Utara.

“Pawang dan ABK Alhamdulillah telah diselamatkan oleh kapal pukat asal Sibolga,” sebut Miftach.

Setelah diselamatkan, tambah dia, ABK tersebut diserahkan kepada kapal pukat KM Ata Droe dan bersandar di PPS Kutaraja, Banda Aceh pada Sabtu (11/9/2021) pagi.

“Sekira jam 07.30 WIB mereka sudah sampai ke PPS Kutaraja Banda Aceh, sementara itu untuk KM Rante sudah diupayakan penarikan semalam, jam 3 malam terputus tali dari kapal yang narik karena faktor cuaca,” katanya.

“Tidak mungkin ditarik lagi, terpaksa mereka lepaskan atau ditinggalkan, selanjutnya mereka fokus  pada penyelamatan ABK saja,” pungkas Miftach.

Editor: dani

Shares: