EkonomiNews

Temui Wakil Presiden, ISMI Paparkan Wacana KEK Halal Barsela

JAKARTA (popularitas.com) – Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) bersama dengan ISMI Perwakilan Aceh dan Tim Task Force SISCA melakukan pertemuan secara resmi dengan Wakil Presiden Republik Indonesia, di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 12 November 2019.

Dalam pertemuan secara resmi tersebut, Ketua ISMI Ilham Habibie turut memaparkan tentang agenda rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) halal yang akan dibangun di Aceh, tepatnya di Kabupaten Aceh Barat Daya.

“Tadi ada satu program khusus yang kita ceritakan kepada Pak Wapres, yakni satu inovasi dari ISMI Pusat tentang usulan membentuk satu kawasan ekonomi khusus dan saat ini sangat siap baik dari segi wilayah, pertanahan, dan ini merupakan cikal bakal KEK halal pertama di Indonesia yang berkedudukan di Kabupaten Aceh Barat Daya. Jadinya Barsela, Barat Selatan Aceh. Itu sebenarnya sudah lengkap tapi memang masih harus melalui proses perizinan, dan dukungan dari pemerintah,” kata Ilham.

Ilham meminta pandangan dari Wapres Ma’ruf Amin terkait rencana tersebut. Menurutnya, Wapres Ma’ruf Amin sangat mendukung upaya yang sedang dilakukan ISMI dalam memperkuat ekonomi syariah di Indonesia.

“Jadi salah satu program utama pemerintah kita adalah memperkuat ekonomi syariah di Indonesia bukan hanya dari perbankan atau keuangan, tapi juga pelaku bisnis lainnya,” jelasnya.

Secara umum, Ilham mengatakan program tersebut masih dalam proses. Pihaknya saat ini tengah mengebut perizinan dan proses pendukung dokumen secara lengkap.

Sementara itu, Ketua ISMI Aceh Nurchalis mengatakan sedang menyiapkan infrastruktur dalam membangun KEK Halal Barsela. Dia mengatakan nantinya lokasi tersebut akan menjadi pusat ekonomi yang terintegrasi dengan delapan Kabupaten/Kota. Diharapkan KEK Halal Barsela turut menjadi penyangga ekonomi regional baru di Aceh. KEK halal Barsela juga diharapkan menjadi kawasan ekonomi khusus halal pertama di Indonesia.

“Jadi pemukiman, sebagai pusat industri, pelabuhan, semua terintegrasi. Program lengkap ada di situ. Jadi alhamdulillah bapak wapres tadi mengatakan sangat berharap ini jadi program satu-satunya. Karena belum ada KEK halal di Indonesia,” tutur Nurchalis.

Juru Bicara Surin Industial Smart City (SISC) Aceh Barat Daya, Habiburrahman menyampaikan terima kasih banyak kepada Wakil Presiden Republik Indonesia yang menerima secara resmi tim kolaborasi antara ISMI dengan Tim Percepatan Akslarasi (TPA), dan Task Force SISCA KEK Halal Barsela. Menurutnya hal ini menjadi sejarah baru dalam mendukung pengembangan kawasan ekonomi khusus halal barsela di Aceh.

Dukungan dari Wapres dinilainya akan menjadi energi baru dalam mempercepat lahirnya pengembangan kawasan ekonomi. Menurutnya ini juga akan sangat menguntungkan bagi publik.

Dukungan Wapres tersebut langsung disambut tim dengan segera merampungkan seluruh kebutuhan. Hal ini termasuk memfinalkan seluruh bahan-bahan dan dokumen resmi, yang menjadi bagian dari kebutuhan untuk percepatan KEK Halal Barsela.

“Insya Allah pada Desember 2019 ini Bupati Abdya Akmal Ibrahim akan mempresentasikan KEK Halal Barsela pada HUT ISMI ke tujuh di Banten, di hadapan Wakil Presiden KH. Makruf Amin sekaligus launching usulan KEK Halal Barsela. Diharapkan bisa segera terpacu pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut,” pungkas Habiburrahman.* (RIL)

Shares: