News

Tempuh Perjalanan 73 Hari, Ketua FKPT Aceh Tiba di Merauke

POPULARITAS.COM – Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh, Kamaruzzaman Bustamam Ahmad (KBA) bersama istrinya, Fitri Zulfidar yang menjajal ‘Touring Indonesia Harmoni’ dari Aceh ke Papua, saat ini sudah tiba di Mereuke Papua.

KBA bersama istri yang melakukan touring keliling Indonesia dengan sepeda motor, tiba di pulau Meurauke Papua setelah menempuh perjalanan 73 hari sejak pelepasan di depan Kantor Bandar Publishing Banda Aceh, Rabu (28/7/2021) lalu.

Kegiatan yang didukung oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini dimulai dari Aceh hingga Papua dan kembali lagi ke Aceh.

“Pak Ketua KBA bersama istri setelah menempuh perjalanan 73 hari sudah tiba Km 0 Meurauke Papua per tanggal 10 Oktober 2021,” kata KBA seperti diutarakan kembali Direktur Bandar Publishing, Mukhlisuddin, Selasa (13/10/2021) malam.

Sepekan sebelumnya, kata Mukhlis, KBA dan Istri hanya mampu menembus Sorong, lalu balik lagi ke Makasar, Sulawesi. Baru kemudian bisa tembus ke Merauke. Setelah berada di Merauke, dalam beberapa hari ini, KBA bersama istri akan melakukan explore Papua dengan motornya.

“Termasuk berkunjung ke Boven Digoel, lokasi dibuangnya Bung Hatta dan Sutan Sjahrir,” ujar Mukhlis.

Mukhlis menyampaikan, KBA sempat juga bertemu dengan beberapa atlet dan tenaga official tim PON Aceh di Mereuke. Karena, Merauke menjadi salah satu venue cabang olahraga (cabor) PON XX.

“KBA dan istri terpaksa menginap rumah warga. KBA bersama istri telah melewati pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku Utara hingga tiba di Papua. Menurutnya ini betul-betul perjalanan yang memberi inspirasi dalam melihat harmoni Indonesia dari jalan raya,” katanya.

Selanjutnya, tambah Mukhlis, KBA dan istri beberapa hari ke depan akan meninggalkan Merauke Papua untuk kembali ke Sumatera melalui jalan darat. Kegiatan touring keliling Indonesia bertema “Indonesia Harmoni” ini bertujuan menyosialisasikan peran dan fungsi FKPT sebagai perpanjangan BNPT.

“Sekaligus memperkenalkan kearifan lokal Nusantara sebagai bagian dari strategi pencegahan upaya-upaya intoleransi, radikal dan terorisme ke masyarakat Indonesia dan internasional,” kata Mukhlis.

Seperti diberitakan sebelumnya, KBA bersama istri mengendarai sepeda motor Kawasaki Versys-X 250 cc untuk touring Indonesia Harmoni dari Aceh ke Papua, yang di dukung oleh BNPT Republik Indonesia.

Semula, kegiatan ini diperkirakan selesai selama tiga bulan terhitung mulai 28 Juli 2021 hingga 30 Oktober 2021. Tapi sepertinya akan bergeser beberapa bulan ke depan, dengan berbagai kendala terutama rute antar pulau di Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Editor: dani

Shares: