NewsOlahraga

Teknik dasar bermain badminton bagi pemula

Salah satu Olahraga favorite di tanah air adalah badminton. Sebab itu sangat Mudah ditemukan lapangan badminton hampir merata dipelosok desa di nusantara. 
Teknik dasar bermain badminton bagi pemula
Aksi Anthony Ginting saat menghadapi Gergely Krausz dari Hungaria dalam pertandingan pertama bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (25/7/2021). REUTERS/Leonhard Foeger

POPULARITAS.COM – Salah satu Olahraga favorite di tanah air adalah badminton. Sebab itu sangat Mudah ditemukan lapangan badminton hampir merata dipelosok desa di nusantara. 

Setiap orang dipastikan menyukai badminton, dan kerap bermain olaharaga ini bersama rekan kerja, ataupun teman sesuainya. Nah bagi kamu yang menyukai Olahraga badminton, tentu harus mengetahui teknik dasar. Denggan pengetahuan tersebut, maka akan membantu anda memahami Olahraga ini dengan lebih baik. Sehingga ketika bermain, akan mengurangi resiko cidera, dan juga dapat tampil optimal. 

Tidak dimungkiri bahwa sejarah bulu tangkis yang cukup panjang dan menarik turut berpengaruh terhadap popularitas dari cabang olahraga yang satu ini. Bahkan, cukup banyak perkembangan dan inovasi yang terjadi terkait badminton dari dulu hingga saat ini, termasuk beragam teknik yang turut dikembangkan. 

Nah, berbincang tentang teknik dasar untuk badminton, ada beberapa teknik yang perlu diketahui dengan baik. Tentu, nantinya Anda bisa mempelajari lebih lanjut dan mempraktikkan beberapa teknik dasar tersebut untuk meningkatkan skill bermain badminton yang Anda miliki. Ya, bermain dengan skill tentu sangat penting, terutama untuk Anda yang memang hendak menekuni olahraga ini. 

Apa saja teknik dasar bermain badminton yang perlu diketahui? Simak ulasan selengkapnya!

10 Teknik Dasar Badminton Untuk Pemula

Sebagaimana disinggung sebelumnya, ada beberapa teknik dasar untuk bermain badminton yang perlu diketahui. Beberapa teknik dasar tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memegang Raket

Salah satu teknik mendasar perihal badminton yang harus dikuasai adalah memegang raket. Teknik ini seringkali dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal, cara memegang raket yang benar sangat penting untuk memaksimalkan kekuatan tangan saat memukul serta menghindari terjadinya cedera pada pergelangan tangan.

Ada beberapa teknik terkait memegang raket yang perlu diketahui, seperti American Grip, Backhand Grip, Forehand Grip dan juga Combination Grip. Pelajari dan pertimbangkan beberapa teknik tersebut.

2. Posisi tubuh

Untuk bisa bermain badminton dengan baik, Anda harus mengetahui posisi tubuh yang tepat. Misalnya, ketika menyerang, atur posisi tubuh mendekat ke garis lapangan atau area serang. Sedangkan ketika bertahan, lakukan gerakan yang sebaliknya.

3. Gerakan kaki

Selain mengatur posisi tubuh, Anda juga harus mengatur gerakan kaki. Poin ini sangat penting untuk dipelajari.

Dengan gerakan kaki yang tepat, Anda akan mendapatkan keseimbangan tubuh yang lebih baik. Lebih dari itu, perpindahan gerakan dan posisi pun bisa dilakukan dengan lebih mantap.

4. Serve atau service

Serve atau servis adalah gerakan mula yang dilakukan untuk memulai pertandingan badminton. Terkait poin ini, ada setidaknya dua teknik servis bulu tangkis yang perlu diketahui yaitu high server atau servis atas dan low server atau servis bawah. 

5. Smash

Bisa dikatakan smash adalah pukulan serangan paling kuat dalam badminton untuk mendapatkan poin dan mengalahkan lawan. Salah satu teknik pukulan bulu tangkis ini memiliki beberapa variasi yang perlu diketahui, yaitu forehand smash, backhand smash, dan jumping smash.

6. Drop shot

Teknik dasar bermain badminton lain yang penting diketahui adalah drop shot. Teknik ini dilakukan dengan cara memukul kok ke area tengah atau depan lawan secara cepat. Dengan teknik ini, Anda bisa memaksa lawan bergerak ke depan dan nantinya menyerang sisi tengah dan belakang.

7. Clear

Clear atau sering juga disebut teknik clear merupakan pukulan yang dilakukan untuk membuat lawan bergerak ke belakang. Teknik ini juga bisa menjadi cara untuk menghalau serangan dari lawan.

8. Netting

Seperti namanya, netting adalah teknik dasar badminton yang dilakukan dengan memukul kok dengan pelan di area net. Diperlukan kecermatan yang lebih ketika melakukan teknik ini. Dengan netting, kok diharapkan akan jatuh di dekat area net lawan sehingga susah untuk dikembalikan. 

9. Overhead

Overhead sering disebut dengan forehead smash. Teknik ini dilakukan dengan cara melompat untuk memukul kok ke arah lawan. Namun, berbeda dengan smash, overhead cenderung tidak memerlukan tenaga yang banyak sehingga pukulan kok cenderung tidak akan sekeras pukulan smash.

10. Drive

Satu lagi teknik dasar badminton yang perlu diketahui adalah drive. Ini adalah teknik yang dilakukan dengan cara memukul kok secara cepat dan cenderung datar. Teknik yang satu ini cukup sering dilakukan untuk pemain ganda. 

Teknik ini ditujukan untuk memojokan lawan. Dengan lawan yang cenderung terpojok nantinya akan ada ruangan yang terbuka untuk kemudian diserang. Teknik drive bisa menjadi pembuka untuk smash di pukulan selanjutnya.

Beberapa hal di atas adalah ragam teknik dasar bermain badminton yang sebaiknya diketahui dan dipelajari. Pemahaman pada teknik dasar tersebut sangat berguna untuk meningkatkan skill bermain badminton Anda.

Selain mengetahui teknik dasarnya, untuk bermain badminton yang lebih nyaman dan skillful, Anda juga perlu mempersiapkan perangkat penunjang lainnya, salah satunya adalah sepatu. Ya, dengan sepatu yang tepat, Anda pun nantinya bisa menikmati olahraga ini dengan lebih maksimal.

Memang, ada cukup banyak produk sepatu badminton yang tersedia di pasaran saat ini. Namun, untuk rekomendasi terbaik, Anda bisa menggunakan sepatu yonex. Sepatu ini dibuat dengan bahan elastis dan desain khusus untuk badminton sehingga akan memberikan kenyamanan maksimal. Terlebih, penggunaan karet sol khusus untuk mengantisipasi slip saat bergerak.

Nah, produk sepatu Yonex tersedia di Blibli.com dengan beragam variasi dan ukuran yang berbeda. Anda yang melakukan transaksi di Blibli nantinya juga akan mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari harga yang terjangkau, gratis biaya pengiriman hingga cashback.

Jadi, tunggu apalagi, pelajari teknik dasar badminton dan gunakan produk sepatu yonex untuk keseimbangan yang lebih baik serta dapatkan layanan terbaik dari Blibli. Semoga bermanfaat. (*)

Shares: