Tanggulangi Covid-19, Nova Terbitkan Pergub Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Kabupaten

BANDA ACEH (popularitas.com) : Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 40 tahun 2020, tentang penetapan penyaluran belanja bantuan keuangan bersifat khusus kepada pemerintah kabupaten dan kota di provinsi ujung pulau Sumatera ini.

Bantuan keuangan tersebut, dimaksudkan sebagai antisipasi dan penanganan dampak Covid-19 untukt ahun anggaran 2020.

Melalui aturan tersebut, Pemerintah Aceh, telah mengirimkan surat kepada pemerintah kabupaten dan kota, untuk segera melakukan pencairan peruntukan dana dimaksud.

Dalam aturan tersebut, ditekankan bahwa, bantuan keuangan kepada kabupaten dan kota sebagaimana dalam Pergub itu, setiap daerah harus memiliki RSUD Covid-19, dengan total ruang rawat inap sebesar 10 persen dari kapasitas tersedia untuk peruntukan bagi pasien corona.

Selain untuk pembenahan infrastruktur layanan kesehatan pasien covid-19 di kabupaten dan kota, bantuan keuangan tersebut, juga dimaksudkan untuk membangun sistem ketahanan pangan, melalui Gerakan Aceh Mandiri Pangan (GAMPANG). Dan pemerintah daerah dapat mengusulkan kegiatan untuk pengembangan pertanian keluarga, budidaya ikan, unggas petelur, serta operasional serta pemeliharaan daerah irigasi yang menjadi kewenangan tingkat II.

Dengan bantuan keuangan tersebut, pemerintah kabupaten dan kota, dapat mengusulkan rehabilitas ruang rawat inap, penambahan perlengkapan medis, makanan tambahan tenaga kesehatan, dan insentif relawan kesehatan.

Selain itu juga, pemerintah kabupaten dan kota dapat mengusulkan untuk pemenuhan alat rapid test, penyediaan perlengkapan swab, sarana dan prasarana isolasi mandiri. (sky)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat