News

Tak Pakai Terpal, Dump Truck Bermuatan Galian C Diamankan Polisi

Kasat Lantas Polres Pidie Jaya, Iptu Krisna Hadi Widyanto, saat menunjukkan mobil dump truck yang diamankan akibat tidak menggunakan penutup bak belakang yang bermuatan material Galian C. (popularitas/Nurzahri)

MEUREUDU (popularitas.com) – Sat Lantas Polres Pidie Jaya, mengamankan tiga unit mobil Dum truk pengangkut material galian C, Senin, 10 Februari 2020.

Mobil tersebut diamankan, karena tidak menggunakan terpal sebagai penutup bak belakang yang bermuatan tanah, saat melintasi jalan nasional Banda Aceh-Medan.

Kapolres Pidie Jaya, AKBP Musbagh Ni’am melalui Kasat Lantas, Iptu Krisna Hadi Widyanto, menyebutkan saat dilakukan pemeriksaan, ketiga dump truck tersebut juga tidak dilengkapi dengan surat-surat resmi berkendara.

“Karena tidak memakai terpal, dan tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat berkendara, maka tiga dump truck itu ditahan untuk sementara,” kata Kasat Lantas Polres Pidie Jaya, Iptu, Krisna kepada popularitas.com, Senin 10 Februari 2020.

Kata Krisna, diamankannya tiga dump truk bermuatan material galian C oleh personil Sat Lantas Polres Pidie Jaya itu, dilakulan sebagai bentuk sosialisasi, di mana setiap pengendara harus mematuhi aturan berlalulintas, demi kenyamanan pengguna jalan secara keseluruhan.

“Ini belum kita tilang, hanya kita amankan sementara sebagai sosialisasi, agar ke depannya, setiap mobil bermuatan seperti ini harus memakai terpal untuk menjaga keselamatam pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Pasalnya, jika bongkahan material galian C yang tidak ditutupi terpal itu sempat terjatuh ke badan jalan, atau mengenai pengendara lainnya, pastinya akan berdampak terjadinya kecelakaan lalulintas.

“Mobil-mobil pengangkut material dan Bus harus memikirkan keselamatan pengguna jalan roda dua, becak maupun pejalan kaki. Kita mengutamakan pencegahan terjadi kecelakaan,” jelasnya.

Sosialisasi ini, kata dia tidak hanya menyasar dump truck bermuatan material, juga meliputi mobil bus, mobil penumpang serta kendaraan-kendaraan lainnya.

“Karena kalau terjadi kecelakaan, yang akan mengalami luka pasti pengendara roda dua, kalau mobil seperti ini, tidak apa-apa, kan sayang korbannya,” jelasnya.

Amatan popularitas.com, satu dari tiga unit dump truck yang ditahan dalam rangka sosialisasi itu, kembali melakukan aktifitas, usai mendapat arahan dari Sat Lantas, serta menunjukkan seluruh dokumen resmi. *(C005)

Shares: