NewsTeknologi

Tak Lagi Terisolir, Warga Pulau Banyak Barat Kini Bisa Akses Jaringan Internet

BANDA ACEH (popularitas.com) – Masyarakat Kecamatan Pulau Banyak Barat akhirnya bisa merasakan koneksi internet dengan baik, setelah puluhan tahun daerah itu terisolir jaringan internet.

Padahal, potensi wisata di wilayah itu cukup menjanjikan. Seiring dengan program Pemerintah Aceh yang menjadikan Pulau Banyak sebagai lokasi wisata unggulan.

Terbangunnya koneksi internet, tak lepas dari peran Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Bulan Maret 2019 lalu, Nova Iriansyah berkunjung ke Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Melihat situasi Pulau Banyak Barat belum terkoneksi jaringan komunikasi, ia langsung memerintahkan dinas terkait untuk segera membangun sarana konektivitas dan jaringan komunikasi di wilayah itu. Dengan hadirnya pembangunan itu, kata Nova, persepsi Pulau Banyak Barat yang terisolir dan jauh dari ibu kota kabupaten dapat dihilangkan.

Hasilnya, sebulan setelah Nova menginstruksikan pembuatan jaringan komunikasi di Pulau Banyak Barat, kini masayarakat tersebut sudah bisa menikmati akses internet tanpa harus pergi ke Kecamatan Pulau Banyak.

Seorang warga Pulau Banyak Barat, Herlin mengatakan, dengan adanya akses internet di daerah kepulauan itu, bisa membuat warga setempat mengetahui informasi yang ada diluar. Sehingga Pulau Banyak Barat tidak terisolir informasi.

“Internet mulai aktif sebelum memasuki bulan Ramadhan, tentu ini yang patut kita apresiasi, karena sekian tahun kita tak mendapat akses jaringan,” kata Herlin yang kesehariannya bekerja sebagai pekerja sosial di Kemensos, Senin, 16 September 2019.

Ia menceritakan, sebelum adanya jaringan internet, ia kesulitan jika harus mengirim data ke Kemensos. Pasalnya, ia harus menempuh sekitar 30 menit untuk mencari sinyal dengan perahu.

Usulan untuk jaringan internet yang dulunya dikirim ke Dinas Kominfo di Aceh Singkil, tak pernah ditanggapi. Namun, setelah instruksi dari Plt Gubernur untuk membangun sarana komunikasi, dinas terkait dan pihak provider akhirnya membuat jaringan yang langsung terkoneksi internet.

“Semenjak datang pak Plt, sebulan setelah itu jaringan internet sudah tersambung,” ujarnya.

Hal itu penting, kata dia Pulau Banyak Barat potensi wisata bahari yang menjanjikan. Sehingga, jika jaringan internet tidak ada, akan merugikan daerah kepulauan tersebut. [DRA]

 

Shares: