News

Tak dibayar upah dua bulan kerja di Aceh kuli bangunan asal Semarang pulang jalan kaki sejauh 2.500 KM

Muhamad Dimas Ramadan. FOTO : Tribun Jabar

POPULARITAS.COM – Muhammad Dimas Ramadhan (27), warga Semarang menempuh perjalanan sejauh 2.500 kilometer dengan berjalan kaki dari Aceh. Saat ditemukan petugas, pria itu tengah terlunta-lunta di Cianjur, Jawa Barat.

Dikutip dari Tribun Jabar, Muhammad Dimas Ramadhan, akhirnya bertemu dengan Polisi, dan dibawa ke Dinas Sosial Cianjur, Jawa Barat. Dikantor instansi itu, Ia menceritakan pengalamannya 115 hari menempuh perjalanan dari Aceh hingga tiba di Cianjur.

“Paling menyeramkan itu, saat melintasi hutan Jambi hingga Lampung. Sebab rumah penduduk masih jarang, dan masih banyak hutan, serta hewan liar,” katanya menceritakan.

Ia melanjutkan, keinginannya kembali ke Semarang, karna saat bekerja di Aceh, upahnya sebagai kuli bangunan tidak dibayar selama dua bulan dan dibawa kabur oleh mandornya.

Karna tidak dibayar upah, Dimas tak memiliki uang untuk ongkos, dan kemudian memutuskan berjalan kaki ke kampung halamannya. Jika menghitung waktu, dirinya sudah menempuh perjalanan lebih dari 115 hari atau hampir empat bulan berjalan kaki dari Aceh.

Saat dalam perjalanan, untuk mempertahankan hidup, Ia mengaku sempat tinggal dibeberapa kota, menjadi pengamen. Awal saya nekat berjalan kaki, mandor bawa kabur upah dirinya bersama 18 kawan lainnya.

Selama menempuh perjalanan tersebut, Ia singgah dibeberapa daerah dengan menumpang hidup di pasar, atau terminal. Nah, saat hendak menyebrang dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak, Ia diberi surat oleh petugas agar bisa gratis naik kapal ferry.

Editor : Hendro Saky

Shares: