News

Tak Berhijab, Bupati Aceh Besar Tegur Utusan Kemenkes RI

Tak Berhijab, Bupati Aceh Besar Tegur Utusan Kemenkes RI. (ist)

POPULARITAS.COM – Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali menegur atau mengingatkan salah seorang utusan Kementerian Kesehatan RI karena tak memakai hijab saat pertemuan membahas soal kesehatan di Dekranasda Gani, kabupaten setempat, Rabu (16/6/2021).

“Mohon maaf Ibu, kita di Aceh dan Aceh Besar khususnya bagi wanita di tempat umum harus menggunakan hijab,” kata Mawardi Ali.

Mawardi Ali memohon agar setelah pertemuan itu, utusan Kemenkes RI tersebut menggunakan hijab karena akan melakukan tugas asesment kesehatan masyarakat terkait eliminasi penyakit malaria di Aceh Besar selama 3 hari.

Utusan Kemenkes RI tersebut meminta maaf atas kekhilafannya karena tidak mengetahui soal itu. “Mohon maaf Bapak, saya belum tahu dan belum ada yang beri tahu sebelum Bapak Bupati sendiri,” ujarnya.

Jauh sebelumnya, pada 2018 lalu, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali memang telah mengeluarkan aturan yang meminta agar pramugari maskapai penerbangan untuk menggunakan hijab saat mendarat di daerahnya.

Intruksi wajib menggunakan hijab bagi pramugari maskapai yang mendarat di Bandara internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar itu sebagai bentuk menghormati pelaksanaan syariat Islam.

Intruksi wajib hijab itu sempat viral di Indonesia. Bahkan, salah satu presenter televisi swasta nasional pernah berdebat dengan Bupati Aceh Besar soal aturan itu.

Editor: dani

Shares: