EkonomiNews

Tahun Ini Nagan Raya Target Tanam Jagung 500 Hektare

Nagan Raya Tanam 658 Ha Jagung untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan
Dokumentasi - Seorang petani menjemur jagung pakan ternak saat panen di kebun miliknya di Desa Lueng Baro, Kecamatan Woyla Barat, Aceh Barat, Aceh, Rabu (30/5). (Antara/Syifa Yulinnas)

POPULARITAS.COM – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menargetkan penanaman jagung seluas 500 hektare pada 2021 guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Penanaman jagung ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi saat ini,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya Muhammad Nasir seperti dilansir laman Antara, Senin (22/2/2021).

Menurutnya, target penanaman 500 hektare jagung tersebut, sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan masyarakat khususnya petani.

Selain itu, penanaman jagung tersebut bertujuan meningkatkan stok jagung di masyarakat untuk kebutuhan konsumsi harian rumah tangga.

Selain ditanami di lahan masyarakat, kata Nasir, jagung tersebut akan ditanami di calon lahan replanting kelapa sawit.

Pihaknya menargetkan produksi panen jagung pada 2021 ini mencapai antara tiga hingga empat ton per hektare.

“Kita targetkan sekitar 2.000 ton jagung untuk setiap musim tanam,” kata Nasir.

Ia juga mengatakan selain untuk konsumsi rumah tangga, jagung hasil panen petani di Nagan Raya juga dikirim ke Medan, Sumatera Utara, sebagai salah satu bahan baku pakan ternak ayam.

Shares: