Tahun baru islam, momentum jadi pribadi lebih baik

Sabtu, 30 Juli 2022 penanggalan masehi, bertepatan dengan 1 Muharam di tahun hijriyah. Umat muslim seluruh dunia akan meninggalkan tahun 1443 hijriyah, dan memasuki awal tahun baru islam 1444 hijriyah.

Tahun hijriyah sendiri, penanggalan hijriyah sendiri, dipilih peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW berserta sahabat, dari mekkah ke Madinah. Konteks hijrahnya nabi dan para sahabiyah itulah kemudian ditetapkan sebagai tahun pertama hijriyah.

Sabtu nanti, persis 1 Muharam, kita semua akan memasuki tahun baru islam, dan setiap pribadi muslim tentunya ingin berubah menjadi lebih baik. Siapapun diantara kita, tidak ingin lebih buruk seiring bertambahnya tahun.

Hijriyah yang berasal dari kata hijrah dimaknai sebagai perpindahan tempat, konteks berpindahnya rasul dan para sahabat adalah murni atas perintah Allah SWT untuk tetap tegaknya risalah islam.

Momentum tahun baru islam kali ini, kiranya dapat kita jadikan tonggak penting untuk perubahan perilaku, dari arah yang kurang baik, menjadi pribadi yang terbaik.

Pribadi yang baik, akan melahirkan kesalehan sosial, yang bermuara pada perikehidupan masyarakat yang bermartabat.

Pribadi yang lebih baik, akan melahirkan keluarga yang baik, secara ibadah, maupun kedermawanan sosial.

Islam mengajarkan hal-hal yang baik, dan menganjurkan kita meninggalkan perilaku buruk, dan semoga momentum tahun baru islam 1444 hijriyah, dapat membuat kita menjadi baik dari tahun Sebelumnya. Selamat tahun baru Islam 1444 Hijriyah. (**EDITORIAL)

Comments
Loading...