NewsOlahraga

Taekwondoin muda Silvana Lamanda raih perak SEA Games Vietnam

Atlet taekwondo muda Indonesia Silvana Lamanda meraih medali perak setelah dikalahkan wakil tuan rumah Vietnam pada final kelas putri U-67 kg katagori Kyorugi (tarung) di Tay Ho Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Rabu (18/5/2022).
Atlet taekwondo muda Indonesia Silvana Lamanda setelah upacara penyerahan perak final kelas putri U -67 Kg katagori Kyorugi (tarung) di Tay Ho Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Rabu (18/5/2022). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

POPULARITAS.COM – Atlet taekwondo muda Indonesia Silvana Lamanda meraih medali perak setelah dikalahkan wakil tuan rumah Vietnam pada final kelas putri U-67 kg katagori Kyorugi (tarung) di Tay Ho Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Rabu (18/5/2022).

Taekwondoin berusia 17 tahun itu tidak dapat berkutik menghadapi Thi Kheim Bac yang merupakan peraih medali emas SEA Games Filipina 2019.

Pertarungan pun berlangsung tak imbang karena tak satu pun pukulan dan tendangan Silvana berbuah poin, sehingga skor akhir tercatat 19-0.

Ia terlihat ‘demam panggung’ sepanjang pertandingan menghadapi wakil tuan rumah yang didukung seisi stadion.

Pukulan dan tendangan yang dilancarkan Silvana seperti tak bertenaga, sehingga mudah ditepis oleh lawan.

Sepertinya, kelemahan Silvana ini sudah terbaca lawan. Thi Kheim Bac tampil percaya diri menyudahi permainan dalam tiga babak dengan tiap babak selama dua menit.

Pelatih Tim Nasional Taekwondo Ong Stevanus Ariosuseno mengatakan capaian yang diraih Silvana sudah luar biasa karena menjadi atlet debutan di SEA Games Vietnam.

Silvana yang merupakan peraih medali perak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020 ini sudah mampu menembus level persaingan tingkat Asia Tenggara.

“Silvana ini masih muda dan baru juga bergabung di Pelatnas. Capaiannya sudah bagus, nanti tinggal diasah lagi ke depan karena motivasinya tinggi dan mentalnya bagus,” kata Ong.

Pada hari keempat pertandingan cabang olahraga taekwondo ini, Kontingen Indonesia meraih satu perak dan dua perunggu.

Dua perunggu disumbangkan Ni Kadek Heni yang bertarung pada kelas U-46 Kg putri dan Renaldi Atmanegara pada kelas U-54 kg putra.

“Hari ini hanya satu atlet yang tidak bawa medali, Adam di kelas Under 68 Kg. Dia kalah di babak perempat final,” kata dia.

Manajer Timnas Taekwondo Indonesia Laras Fitriana Noviaty menambahkan peluang untuk menambah medali bagi Indonesia masih terbuka.

Pada Rabu (18/5), Indonesia akan menurunkan empat atlet untuk katagori Kyorugi (tarung) yakni Megawati pada kelas U -53 Kg putri, Muhammad Bassam U -63 Kg putra, Mariska U -57 Kg putri dan Osanando Naufal -74 Kg putra.

Sejauh ini Tim Taekwondo Indonesia sudah meraih lima peringgu dan satu perak dari target meraih dua medali emas pada SEA Games Vietnam 2021.

Pada SEA Games kali ini, Indonesia diperkuat oleh 10 atlet kategori Kyorugi dan 4 atlet kategori Poomsae. (ANT)

Shares: