Syarat dan Cara Mengajukan Centang Biru di Instagram

POPULARITAS.OM – CCiri utama akun terverifikasi adalah adanya tanda centang biru di sebelah nama akun Instagram. Berikut syarat dan cara mendapatkan centang biru di Instagram.

Tanda centang biru lazim ditemukan pada akun public figure atau brand tertentu. Hadirnya centang biru sekaligus menjadi penanda keaslian akun pengguna tersebut.

Kehadiran centang biru juga diklaim mampu menaikkan jumlah followers, yang selanjutnya berpotensi menjadi ladang bisnis untuk menghasilkan cuan.

Namun, mendapatkan centang biru bukan perkara mudah. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi demi mendapatkan verifikasi.

Berikut rangkuman syarat dan informasi lainnya terkait centang biru.

Apa Itu Centang Biru Instagram?

Centang biru ialah lencana terverifikasi yang digambarkan dengan ikon centang. Ikon ini muncul di samping nama profil pemilik akun Instagram. Dengan hadirnya centang biru, maka Instagram telah mengkonfirmasi keaslian akun yang mewakili di antaranya:
– public figure
– selebriti (artis, tokoh olahraga, dan lain sebagainya)
– merek atau label ternama

Melansir laman Instagram, lencana terverifikasi merupakan fitur yang membantu orang dalam menemukan pencarian akun asli. Akun tersebut telah dikurasi keasliannya.

Setelah terverifikasi, Anda tidak dapat mengubah nama akun Anda. Verifikasi juga tak dapat dipindahkan ke akun lain.

Instagram tidak mengizinkan seseorang menyamar membuat akun sebagai salah satu dari tiga jenis di atas karena hal tersebut melanggar Pedoman Komunitas. Instagram juga menyebut, tidak semua tokoh publik bisa mendapat lencana verifikasi atau centang biru.

Setelah terverifikasi, Anda tidak dapat mengubah nama akun Anda. Verifikasi juga tak dapat dipindahkan ke akun lain.

Instagram tidak mengizinkan seseorang menyamar membuat akun sebagai salah satu dari tiga jenis di atas karena hal tersebut melanggar Pedoman Komunitas. Instagram juga menyebut, tidak semua tokoh publik bisa mendapat lencana verifikasi atau centang biru.

Syarat Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Dalam memverifikasi, Instagram mempertimbangkan sejumlah faktor dalam mengevaluasi suatu akun. Selain akun tersebut harus mematuhi soal Ketentuan Penggunaan dan Pedoman Komunitas, menurut Instagram, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Akun harus autentik
Artinya akun Anda harus mewakili orang, bisnis, atau entitas terdaftar yang asli.

2. Unik
Akun Anda mewakili keberadaan orang atau bisnis secara unik. Centang biru hanya dapat diberikan satu untuk satu akun. Terkecuali untuk akun dengan bahasa tertentu.

Instagram tidak dapat memverifikasi akun yang bersifat umum (akun untuk penggemar, meme, dan lain sebagainya tidak dapat diverifikasi).

3. Lengkap
Akun harus bersifat publik atau tidak terkunci, memiliki bio, foto profil, dan aktif bermain Instagram.

4. Terkenal
Akun Anda harus mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari. Instagram akan meninjau akun yang ditampilkan di berbagai sumber berita.

Jika mengacu pada aturan ini, maka jumlah like dan komentar yang banyak turut memengaruhi penilaian.

Jika pada saat pengajuan atau setelah menerima Anda menyebarkan informasi palsu atau menyesatkan, maka Instagram dapat menghapus tanda centang biru tersebut, bahkan menonaktifkan akun Anda.

Dalam proses pengajuan centang biru, Instagram tidak memungut biaya apa pun alias gratis. Kemungkinan centang biru berhasil jika Anda memenuhi syarat-syarat seperti yang disebutkan di atas.

Berikut cara mengajukan centang biru Instagram:

– Login ke akun Instagram.
– Ketuk ikon profil yang berada di kanan bawah.
– Ketuk ikon tiga garis vertikal di kanan atas.
– Pilih opsi ‘Pengaturan’ dan ketuk opsi ‘Akun’.
– Lalu pilih opsi Minta Verifikasi.
– Masukkan nama lengkap Anda dan berikan bukti identifikasi yang diperlukan.
– Selanjutnya, ikuti instruksi yang diminta.

Setelahnya, Anda akan diminta menunggu apakah pengajuan disetujui atau ditolak.

Perlu diketahui, centang biru di Instagram tak secara otomatis membuat akun Facebook yang terhubung akan ikut mendapatkan centang biru. Begitu juga sebaliknya.

Meski telah memenuhi syarat-syarat di atas, Instagram bisa saja tidak memverifikasi akun Anda. Mendaftar centang biru saat menunggu keputusan berpotensi membatalkan pendaftaran centang biru Anda.

Jika terverifikasi, Instagram menyarankan Anda mengaktifkan fitur keamanan tambahan seperti autentikasi dua faktor.

Instagram membutuhkan waktu 30 hari meninjau permintaan centang biru Anda. Setelah 30 hari, Anda bisa mengetuk ikon Love yang berada di kanan atas untuk melihat notifikasi aktivitas. Jika ditolak, Anda dapat mengajukan permintaan kembali setelah 30 hari. Demikian cara mendapatkan centang biru di Instagram.

Sumber: CNN

Comments
Loading...