NewsPolitik

Surya Paloh Bertandang ke Kantor PKS Bahas Koalisi

Ketua Umum Partai Nasdem, sempat mewacanakan duet Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 mendatang. Usul itu sebagai bentuk kegelisahan bos Metro TV itu terkait dengan kondisi perpecahan bangsa yang sangat kentara.
Surya Paloh. FOTO : CNN Indonesia

JAKARTA (popularitas.com) – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh akan bertemu dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman di Kantor DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu, 30 Oktober 2019 sore.

“Iya betul,” kata Ketua DPP PKS Pipin Sopian seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu, 30 Oktober 2019.

Pipin mengatakan pertemuan itu sebagai sarana silaturahmi antara kedua partai politik tersebut. Ia mengatakan pembicaraan kedua pemimpin partai itu mengarah pada penjajakan koalisi ke depan.

“Silaturahim dan penjajakan kerja sama koalisi ke depan, diawali dengan membangun persepsi kebangsaan,” ujar Pipin.

Meski demikian, Pipin menampik pandangan bahwa PKS akan bergabung dengan pemerintahan Jokowi. Justru sebaliknya, PKS ingin mengajak NasDem menjadi mitra kritis terhadap pemerintah meski berada di dalam pemerintahan.

“Dalam pertemuan, PKS akan sampaikan sikap sebagai partai oposisi dan mengajak NasDem untuk tetap kritis terhadap pemerintah. Meskipun NasDem di dalam pemerintah,” kata dia.

Pipin mengatakan nantinya kehadiran Surya Paloh akan diterima oleh petinggi PKS, di antaranya Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Sekjen PKS Mustafa Kamal, serta pimpinan PKS lainnya.

Terkait rencana ini, CNNIndonesia.com berusaha menghubungi politikus NasDem namun belum mendapat respons.

Sebelumnya, Sohibul Iman mengatakan Surya Paloh telah menyampaikan niatnya datang ke kantor PKS bersama sepuluh orang anggota Partai NasDem. Percakapan tentang rencana kedatangan Surya Paloh disampaikan ketika keduanya duduk bersebelahan saat pelantikan presiden dan wakil presiden, Minggu (20/10).

Saat itu, Surya menyampaikan kekagumannya kepada PKS dan Sohibul yang tetap konsisten menjadi oposisi, bahkan ingin membangun silaturahmi dengan partainya.

“Kami ngobrol, Pak Surya Paloh menyampaikan kepada Saya dia menghormati apa yang menjadi pilihan politik PKS dan beliau menyatakan ingin membangun silaturahim,” kata Sohibul di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 22 Oktober 2019.*

Sumber: CNN Indonesia

Shares: