News

Supir dan Kernet Bus Angkutan Lebaran Dites Urine

Ilustrasi: Suasan di Terminal Batoh, Banda Aceh, Rabu 29 Mei 2019 malam (Asmunda)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh melakukan pemeriksaan urine terhadap sopir bus angkutan lebaran di Terminal Tipe A Batoh, Banda Aceh, Rabu 29 Mei 2019 malam.

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Aceh AKBP Heru Suprihasto mengatakan, pemeriksaan urine ini dilakukan demi mencegah adanya sopir yang mengemudi di bawah pengaruh narkoba, dan sebagai upaya menghadirkan keselamatan perjalanan bagi pemudik.

Selain sopir, petugas BNN Aceh juga turut melakukan terus urine terhadap kernet.”Kalau ada positif menggunakan narkoba, kita tidak mengizinkan mereka untuk melanjutkan perjalannya sampai ada pengganti (sopir dan kernet) dari perusahaan setempat,” katanya.

Namun, dari semua awak angkutan yang dicek petugas BNN malam itu, hasilnya negatif narkoba. Heru menuturkan, pihaknya akan mengecek rutin tiap sopir dan kernet secara berkala.

“Yang kita periksa yang berangkat pada hari itu juga. Kita tidak acak secara random. Tapi semua kena bagian periksa,” ujarnya.

BNN Aceh juga melakukan pengecekan terhadap barang-barang bawaan penumpang. Satu anjing pelacak diturunkan ke lokasi untuk mengendus barang bawaan penumpang yang mencurigakan.

“Anjing pelacak sengaja kita ikut sertakan. Gunanya untuk mendeteksi kalau memang ada penumpang yang membawa barang-barang yang terlarang yang diindikasi adanya narkoba dan barang terlarang lainnya,” ujarnya.*(ASM)

Shares: