News

Sumberpost bekali jurnalis muda melalui PJTD 2022

Sumberpost bekali jurnalis muda melalui PJTD 2022
Riska Munawwarah dari PFI Aceh mengisi materi fotografi pada PJTD Sumberpost di Aula Saintek Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Sabtu (25/6/2022).

POPULARITAS.COM – Sumberpost kembali mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2022 kepada anggota magang dengan tema “Wujudkan Jurnalis Muda yang Kritis, Pro-aktif dan Anti Hoax” di Aula Saintek Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Sabtu (25/6/2022).

Seperti yang dijelaskan Ketua Panitia, Sayyid Jamalul Adil, kegiatan ini bertujuan untuk melatih para wartawan muda agar ke depannya mampu mengolah isu- isu yang beredar agar dapat dipublikasikan dengan sebaiknya dan bernilai tinggi.

“PJTD ini juga untuk mengajak seluruh anggota Sumberpost untuk berperan aktif serta peka terhadap berbagai isu yang terjadi, baik di lingkungan kampus maupun luar kampus dan juga pelatihan ini bertujuan untuk memacu pola pikir kritis setiap anggota, sehingga mampu menciptakan karya-karya yang faktual dan anti-hoax,” jelasnya.

Sementara, Pimpinan Umum Sumberpost, Ahmad Mufti dalam sambutannya mengharapkan, kegiatan yang dihadiri oleh 36 peserta magang ini bertujuan sebagian gagasan dasar bagi para peserta magang untuk bisa mengembangkan isu-isu ke depannya.

“Harapan saya dengan dilaksanakannya acara PJTD 2022 ini menjadi dasar bagi peserta magang di tahun ini agar mewujudkan jurnalis muda yang kritis pro aktif, dan anti hoax sesuai dengan tema kita pada hari ini,” harapnya.

Kemudian, Nazarullah, selaku alumnus Sumberpost dalam sambutannya mengatakan, organisasi salah satu hal wajib khususnya mahasiswa sebagai bekal saat mengabdi di masyarakat.

“Organisasi sangat penting apalagi pada saat kita melamar pekerjaan yang nantinya akan diminta apa organisasi yang kita ikuti, dan UKM Sumberpost sangat membantu dalam melamar pekerjaan di media atau di bidang manapun, dan ini menurut pengalaman alumni Sumberpost sendiri,” ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh empat pemateri. Riska Munawwarah dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh sebagai pemateri fotografer jurnalistik.

Kemudian, Aprizal Rachmad dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh dengan materi video jurnalistik, Nur Afni sebagai pemateri desain grafis, dan Eva Hazmaini dengan materi reporter/berita.

Keempat pemateri tersebut merupakan alumni Sumberpost yang saat ini bekerja di berbagai media dan instansi di Aceh.

Shares: