EkonomiInvest in Aceh

Sumber daya alam Aceh harus di optimalkan genjot pertumbuhan

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh, Achris Sarwani mengatakan, Aceh memiliki sumber daya alam yang luar biasa, seperti pertanian, perikanan, dan juga pertambangan. Karenanya keberadaan SDA tersebut seharusnya mampu dioptimalkan untuk genjot pertumbuhan ekonomi di daerah berjuluk serambi mekkah itu.
Sumber daya alam Aceh harus di optimalkan genjot pertumbuhan
Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Marhunis, saat memberikan sambutan pada acara yang digelar di Bank Indonesia (BI) Aceh

POPULARITAS.COM – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh, Achris Sarwani mengatakan, Aceh memiliki sumber daya alam yang luar biasa, seperti pertanian, perikanan, dan juga pertambangan. Karenanya keberadaan SDA tersebut seharusnya mampu dioptimalkan untuk genjot pertumbuhan ekonomi di daerah berjuluk serambi mekkah itu.

Hal tersebut dikatakan Achris Sarwani dalam acara dedicate team for capacity building, yang diselenggarakan BI Aceh, 28-30 September 2021.

Acara tersebut diikuti oleh sejumlah pelaku bisnis, dan stakeholder terkait.

Achris menambahkan, komoditas yang dihasilkan dari bumi dan laut Aceh, kiranya dapat dimanfaatkan secara maksimal melalui peningkatan nilai tambah yang berujung pada optimalisasi multiplier effect pada setiap komoditas.

Guna optimalisasi sumber daya alam tersebut, dibutuhkan investasi, agar pemanfaatan SDM dapat digunakan secara maksimal untuk kebutuhan ekspor dan lainnya.

Investasi sangat penting bagi Aceh, sebab sambungnya, selain mendorong pertumbuhan ekonomi, investasi juga berperan besar dalam mengurangi defisit transaksi berjalan atau yang dikenal dengan Current Account Deficit (CAD).

kondisi Indonesia yang telah mengalami CAD sejak 2011, menjadikan nilai tukar Rupiah menjadi rentan, terutama akibat faktor eksternal. Kebutuhan akan valas terutama Dollar Amerika tidak dapat tercukupi dari valas yang masuk/diterima Indonesia,” katanya. 

Dengan demikian, menurut Achris, bila Aceh bisa menggenjot potensi investasi daerah, maka manfaat yang diterima bukan hanya berdampak bagi pertumbuhan ekonomi Aceh, melainkan juga perekonomian nasional, serta termasuk kestabilan Rupiah.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Aceh, Marthunis, ST, DEA menyambut baik program yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia. Menurutnya, diperlukan satu wadah bersama multi stakeholders untuk memberikan tingkat pemahaman fungsi hubungan investor di daerah terkait minat investor di berbagai negara juga menjadi suatu hal yang penting agar pelaksanaan promosi yang dilakukan ke tiap negara dapat tepat sasaran. 

“Pemahaman tersebut penting untuk dimiliki guna pelaksanaan promosi yang dilakukan dapat menghasilkan tindak lanjut yang positif baik berupa

peningkatan minat investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia ataupun hingga terealisasikannya investasi baru di berbagai daerah di Indonesia,” katanya.

Editor : Hendro Saky

Shares: