KesehatanNews

Sudah 49 Ribu Nakes Aceh Divaksin Covid-19

Simulasi vaksinasi. (Popularitas/Rizkita)

POPULARITAS.COM —Juru Bicara Satgas penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani melaporkan 49.243 orang tenaga kesehatan (Nakes) telah divaksin Covid-19 dosis I, atau 87,2 persen dari sasaran awal, yakni 56.470 orang.

“Ada sekitar 7.227 Nakes atau 12,8 persen lagi belum melakukan vaksin dosis I di seluruh Aceh per tanggal 21 Februari 2021,” tutur pria yang akrab disapa SAG itu.

Ia mengimbau Nakes yang belum menerima vaksin Sinovac dosis I segera mengikuti program vaksinasi Covid-19 ini, karena vaksinasi untuk petugas pelayanan publik akan dimulai pada Minggu IV Februari 2021 di Aceh.

Kesempatan vaksinasi bagi Nakes masih dibuka dan diharap tidak menunda kecuali ada indikasi medis yang mengharuskan  penundaan itu.

Juru Bicara Pemerintah Aceh itu juga mengimbau Nakes yang sudah mendapat vaksin Sinovac dosis I untuk melanjutkannya dengan dosis II sesuai jadwal vaksin ulang yang telah ditentukan.

Vaksinasi dosis I wajib dilanjutkan dengan penyuntikan dosis II supaya dapat terbentuk antibody secara optimal.

Berdasarkan data vaksinasi Covid-19 kabupaten/kota, per tanggal 21 Februari 2021, ada 1.710 Nakes telah melakukan vaksinasi dosis II, yakni Nakes Kota Banda Aceh sebanyak 1.303 orang dan Nakes Kabupaten Aceh Besar 402 orang.

Cakupan vaksinasi Nakes tertinggi, lebih 100 persen, di Kabupaten Aceh Barat, Aceh Besar dan Kota Langsa. Sedangkan Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Pidie, dan Kabupaten Bener Meriah perlu terus memotivasi Nakes-nya untuk segera datang ke pusat pelayanan kesehatan untuk disuntik dosis I.

“Pengalaman Nakes yang sudah disuntik dosis I dan dosis II membuktikan bahwa vaksin Sinovac yang digunakan aman dan nyaman. Meski ada efek samping tidak ada yang sampai membahayakan,” imbuh SAG.

Shares: