NewsOlahraga

Skenario Laskar Rencong Agar Lolos Perempat Final Piala Menpora

Bali United bakal tantang klub Georgia
Bali United vs Persiraja di Piala Menpora 2021 (foto: @baliunited)

POPULARITAS.COM – Persiraja Banda Aceh akan menjalani laga hidup mati melawan Persib Bandung dalam laga terakhir penyisihan grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta pada Jumat (2/4/2021) malam.

Laga itu bakal menjadi penentuan bagi Laskar Rencong untuk melaju ke babak delapan besar turnamen pra musim tersebut. Persiraja sendiri saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara grup D dengan poin tiga.

Koleksi tiga poin yang diperoleh Persiraja berkat kemenangan 3-1 atas Persita Tangerang dalam laga perdana penyisihan grup D. Tiga gol ini dilesatkan oleh putra asli Aceh Besar, Assanur Rijal alias Torres.

Sementara dalam laga kedua menghadapi Bali United, Persiraja terpaksa menyerah 0-2. Dua gol kebobolan ini diciptakan oleh pemain Bali United dalam tempo 10 menit pada babak pertama.

Itu sebabnya, Pelatih Persiraja Hendri Susilo menyebut timnya bermain hancur-hancuran pada babak pertama. Sehingga, kondisi ini dimanfaatkan oleh peraih juara Liga 1 2019 itu untuk menciptakan gol.

Skenario Agar Persiraja Lolos

Di klasemen sementara grup D, Persib Bandung memimpin dengan poin 4. Sementara peringkat kedua ada Bali United dengan poin yang sama. Sedangkan Persiraja sendiri berada di peringkat tiga dengan poin 3 dan Persita Tangerang di peringkat empat dengan poin 0.

Dalam laga penentuan ini, Bali United dan Persita Tangerang akan bermain lebih dulu atau pada pukul 15.15 WIB. Sementara Persiraja Banda Aceh dan Persib Bandung akan bermain pada pukul 18.15 WIB.

Hanya ada satu skenario yang dapat meloloskan Persiraja ke babak perempat final, yakni menang atas Persib Bandung. Apabila hasil imbang dan saat bersamaan Bali United kalah dari Persita Tangerang, Persiraja juga dipastikan gagal lolos meski berhasil mengumpulkan 4 poin.

Hal ini terjadi karena Persiraja kalah head to head dengan Bali United. Head to head adalah salah satu regulasi yang diatur oleh penyelenggara kompetisi apabila kedua tim memiliki poin yang sama.

Bermain Habis-habisan

Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo bakal menjadikan laga melawan Persib Bandung sebagai partai hidup mati. Dalam laga itu, Hendri telah mengintruksikan anak buahnya untuk bermain habis-habisan.

“Kita telah mempersiapkan diri, selama dua hari. Artinya, kita sudah siap menghadapi Persib. Ini partai hidup mati dan saya juga tahu Persib klub besar, tetapi saya juga realistis, tetapi dalam sepak bola sesuatu bisa terjadi,” kata Hendri Susilo, Kamis (1/4/2021).

“Yang jelas kita akan tampil semaksimal mungkin, sebagus mungkin untuk mengimbangi permainan Persib pada malam hari besok,” tegas Hendri.

Jelang menghadapi partai krusial itu, Hendri mengaku sudah memberikan motivasi kepada Agus Suhendra dan kawan-kawan.  Ia  meminta para pemain untuk bekerja keras agar bisa bertahan lebih lama di turnamen tersebut.

“Dengan kalian (pemain) mau bekerja keras, kalian mau berusaha, kalian mau kolektivitas, kalian terus berjuang sampai pluit terakhir, mungkin bisa sesuatu terjadi. Jadi, artinya kita akan habis-habisan lah, seperti itu, kalau bisa kita bikin kejutan,” pungkas Hendri.

Ganjar Mukti Terancam Absen

Dalam kesempatan itu, Hendri juga mengeluhkan komposisi pemain Persiraja yang serba terbatas di Piala Menpora 2021. Dalam laga menghadapi Persib, Persiraja juga kembali terancam tak diperkuat Ganjar Mukti karena mengalami cedera.

Kehilangan sosok prajurit TNI Angkatan Darat itu cukup memberi efek bagi pertahanan Persiraja. Saat menghadapi Bali United pekan lalu misalnya, terlihat jelas pertahanan tim kebanggaan masyarakat Kota Banda Aceh itu cukup rapuh.

“Saya paham gaya Persib. Tetapi saya tidak bisa mengubah skuad saya terlalu dalam ya, artinya, karena apa? Stok pemain sangat terbatas dan pemain-pemain saya ini rata-rata jebolan tahun lalu yang mengangkat promosi ke Liga 1,” kata dia.

“Jadi itu masalah ya, apalagi Ganjar juga cedera, jadi sedikit masalah, tetapi bagi saya secara tak-tik saya sudah melatih anak saya. Saya sudah persiapkan, mudah-mudahan dengan tak-tik itu Persiraja malam besok bisa melakukan perlawanan untuk Persib Bandung,” ucap Hendri.

Editor: dani

Shares: