News

Siswa di Pidie panjat tiang bendera saat HUT RI, ini penjelasan kepala sekolah

Siswa di Pidie panjat tiang bendera saat HUT RI, ini penjelasan kepala sekolah
Akhyar (kanan) pelajar yang bertindak heroik memanjat tiang bendara agar Merah Putih berkibar di SMP 3 Mutiara, Pidie, Rabu (17/8/2022).

POPULARITAS.COM – Pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Mutiara, Pidie, yang bertindak heroik secara spontan memanjat tiang bendera akibat tali tersangkut saat pengibaran bendera Merah Putih diketahui bernama Akhyar (13).

Kepala SMPN 3 Mutiara, Sumarni saat dikonfirmasi popularitas.com menyebutkan, Akhyar merupakan siswa kelas dua sekolah tersebut. Warga Gampong Paloh Mutiara Timur itu awalnya berdiri di barisan bersama pelajar lainnya saat upacara HUT ke-77 RI di sekolah setempat.

“Awalnya upacara perayaan HUT RI seperti biasa, para pengibar bendera sedang mengibarkan Merah Putih yang diiringi lagu Indonesia Raya. Tiba-tiba proses pengibaran bendera terhenti karena tali tersangkut,” kata Sumarni, Rabu (17/8/2022).

Tanpa aba-aba dan perintah, Akhyar yang saat itu berdiri mengikuti upacara bersama para pelajar lainnya, langsung keluar barisan kemudian menghampiri tiang bendera yang saat itu dikelilingi oleh empat guru yang bertugas sebagai pasukan pengibar bendera.

Siswa berusia sekitar 13 tahun itu pun langsung membuka sepatunya dan langsung menaiki tiang bendera untuk melepas tali tersangkut, sehingga bendera Merah Putih bisa berkibar di SMP 3 Mutiara, Pidie di hari HUT ke-77 RI itu.

“Itu Akhyar lakukan tanpa ada yang suruh, dia bergerak sendiri keluar dari barisan dan menaiki tiang bendera. Karena melihat siswa saya menaiki tiang bendera, saya perintahkan mereka (guru pengibar bendera) untuk memegang tiang,” ucapnya.

Melihat tindakan yang dilakukan Akhyar, sontak para guru di sana merasa bangga dan terharu dengan aksi heroik pelajar kelas 8 c.

“Karena aksi heroiknya itu, kami dari sekolah memberikan hadiah terhadap pelajar itu,” tambahnya.

https://www.tiktok.com/@popularitascom/video/7132818710057815297?_t=8UvEhCvagm9&_r=1 

Shares: