News

Sistem akuntabilitas USK raih peringkat dua nasional

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Universitas Syiah Kuala untuk tahun 2021 berhasil meraih prestasi yang membanggakan, yaitu menjadi yang terbaik kedua secara nasional untuk katagori perguruan tinggi negeri.
Lab Pemeriksaan Covid-19 Unsyiah Terancam Berhenti
Universitas Syiah Kuala (Humas USK)

POPULARITAS.COM – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Universitas Syiah Kuala untuk tahun 2021 berhasil meraih prestasi yang membanggakan, yaitu menjadi yang terbaik kedua secara nasional untuk katagori perguruan tinggi negeri.

Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) USK Abdul Rochim mengatakan, informasi ini disampaikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada Selasa (15/3/2022) malam secara daring.

Berdasarkan pengumuman tersebut, USK berhasil menjadi terbaik kedua nasional dengan nilai 85,3 dan predikat A. Adapun peringkat pertama dan ketiga adalah, Universitas Negeri Semarang dengan nilai 87,30 dan Universitas Pendidikan Ganesha dengan nilai 83,93.

“Alhamdulillah capaian BPHM, baik dari bidang perencanaan maupun Humas sungguh luar biasa. Semoga kita dapat mempertahankan pada tahun depan dan mampu lebih baik lagi,” ucap Abdul Rochim.

Menurut Abdul Rochim, prestasi yang diraih USK ini juga terasa istimewa dan membanggakan. Sebab USK bersaing dengan 80 perguruan tinggi nasional lainnya. Tingkat persaingan ini jauh berbeda pada tahun sebelumnya. Di mana sebelumnya, USK hanya bersaing sesuai dengan status institusinya yaitu Badan Layanan Umum yang jumlahnya hanya 35 PTN dengan status PTN BLU.

Ia juga menilai, keberhasilan yang USK raih ini tidak lepas dari komitmen perguruan tinggi ini untuk terus meningkatkan sistem akuntabilitasnya. Di mana tanggung jawab terhadap hal ini ada pada unit kerja BPHM, yang di dalamnya adalah Bagian Perencanaan, Hubungan Masyarakat (Humas), dan Unit Layanan Terpadu (ULT).

“Semua unit di lingkungan BPHM tersebut memberikan kontribusi penguatan kapasitas USK. Terima kasih telah bekerja maksimal. Mari tingkatkan semangat untuk lebih maju, soliditas staf dan pimpinan. Karena semua itu menentukan keberhasilan,” ujarnya.

Wakil Rektor IV Prof. Dr. Hizir turut menyampaikan rasa syukur dan bangga atas keberhasilan USK meraih prestasi ini. Selama ini USK memang terus berbenah dan melakukan inovasi sebagai upaya meningkatkan kualitas dari sistem akuntabilitasnya.

“Tentu saja prestasi ini semakin memotivasi kita untuk terus berinovasi, sehingga sistem akuntabilitas USK semakin baik dan terpercaya,” ucapnya.

Shares: