News

Sirkulasi siklonik sebabkan potensi hujan lebat di Aceh

BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di Aceh
Ilustrasi - Situasi hujan. (ANTARA/HO-Sutterstock)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, sirkulasi siklonik menjadi potensi penyebab terjadinya curah hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Provinsi Aceh.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi, belokan angin dan pertemuan angin,” kata prakirawati Stasiun BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Aceh, Almira Aprilianti dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (1/10/2022).

Ia menyebutkan sirkulasi Siklonik terpantau di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera dan di Teluk Tomini, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan barat Sumatera.

Siklus ini dimulai dari Sumatera Utara hingga perairan sebelah barat Bengkulu, serta sejumlah kawasan lainnya di Indonesia.

Akibat sirkulasi tersebut, kata dia, diprediksi mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik termasuk di Aceh.

Selain itu, penyebab tingginya curah hujan tersebut juga disebabkan adanya siklon Tropis Noru.

Kondisi tersebut, kata dia, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan
di sepanjang daerah low level jet tersebut.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi,” demikian Almira. (ant)

Shares: