News

Singah Mata Longsor, Jalur Bireuen-Takengon Lumpuh

Singah Mata Longsor, Jalur Bireuen-Takengon Lumpuh Total
Foto doc BPBA

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kawasan Singgah Mata, Kecamatan Kebayakan, Aceh tengah longsor hingga menutupi badan jalan setelah diguyur hujan lebat, Rabu (13/5/2020).

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah, Iqbal mengatakan, akibat hujan deras jalan Takengon-Bireuen lumpuh total setelah terjadi longsor.

“Ini tengah mobilisasi alat berat kesana,” kata Iqbal mengutip dari lintasgayo.co.

Katanya, longsor mengakibatkan kemacetan panjang di kawasan tersebut, baik dari arah Takengon maupun sebaliknya. Sedangkan hujan masih terus mengguyur dataran tinggi Gayo dengan intensitas sedang dan lebat.

Sementara itu Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh Tengah menutup sementara jalan Takengon-Bireuen setelah di Gampong Paya Tumpi terjadi banjir bandang sejak pukul 14.00 WIB.

“Yang kita tutup akses dari Takengon di Paya Tumpi, sementara dari arah Bener Meriah sudah otomatis tertutup oleh beberapa titik longsor, seperti Singah Mata, KM 92 dan Merie Satu,” kata Kepala Dishub Aceh Tengah, Jauhari dilansir lintasgayo.co.

Banjir bandang yang terjadi di Gampong Paya Tumpi telah merusak sejumlah rumah dan menghanyutkan kendaraan pribadi warga. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan adanya korban jiwa.[acl]

Shares: