EkonomiNews

Simak Bocoran Nadiem Makarim Tentang Soal SKD CPNS

Mahasiswa PTN-PTS Dapat Keringanan SPP yang Terdampak Pandemi
Mendikbud Nadiem Makarim (CNN Indonesia)

JAKARTA (popularitas.com) – Soal untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 sedang dalam tahap penginputan. Setelah beberapa waktu lalu, soal untuk SKD CPNS 2019 diserahkan kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, soal untuk CPNS pada tahun ini dibuat langsung oleh para ahli di bidangnya. Bahkan proses pembuatannya pun cukup ketat karena melewati beberapa tahapan.

Langkah pertama misalnya, dengan melakukan evaluasi pada soal-soal SKD pada tahun sebelumnya. Jika dianggap masih layak maka bisa digunakan lagi meskipun ada sedikit modifikasi.

“Proses evaluasi tersebut melibatkan unsur dari Kementerian PANRB, BKN, BPPT, serta dosen-dosen yang berkompeten dari perguruan tinggi, didampingi oleh ahli konstruksi soal dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa, 14 Januari 2020.

Nadiem menyebut jika soal sebagai salah satu instrumen penting dalam menjaring calon ASN. Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk selalu membantu proses pengadaan secara akuntabel dan transparan agar dapat diperoleh calon ASN yang berintegritas, nasionalis, profesional, berwawasan global, dan menguasai teknologi informasi.

“Soal yang telah disusun dipastikan telah sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang dilakukan oleh para ahli bahasa dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan,” kata Nadiem.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im mejelaskan, soal SKD yang diserahkan kepada Menteri PANRB telah disiapkan oleh tim dari berbagai perguruan tinggi, dan dikordinasikan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, untuk seterusnya diserahkan ke panselnas untuk digunakan pada seleksi CPNS.

“Kita harapkan soal-soal ini, nantinya dapat menyeleksi calon-calon ASN yang sesuai dan memenuhi visi dan misi bapak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin,” ucapnya.*

Sumber: Okezone.com

Shares: