Sigantang Sira Destinasi Agroekoeduwisata yang Tengah Hits di Aceh Selatan

POPULARITAS.COM – Tapaktuan yang terkenal dengan sebutan Kota Naga ini memiliki potensi wisata dataran tinggi baru yang terletak di antara Kecamatan Trumon dan Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Salah satunya Tuan Puncak Pinto Angen Sigantang Sira, yang terletak di jalan Tapaktuan-Medan. Perjalanan ke lokasi ini membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan dari ibu kota Tapaktuan dengan jarak tempuh 78 Km.

Lokasi wisata Puncak Sigantang Sira memiliki konsep agroekoeduwisata, yakni daerah wisata yang berbasis aktivitas pertanian, memenuhi kaedah pelestarian lingkungan dan menjadi kawasan riset untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan tehnologi dan inovasi serta bermanfaat bagi masyarakat.

Dari aspek aktivitas pertanian, pengembangan kawasan ini lebih kepada kegiatan koleksi beragam jenis tanaman (biodiversity), pelestarian plasma nuthfah, serta kegiatan budidaya yang meliputi pengembangan tanaman hias dan holtikultura, peternakan, perikanan dan kehutanan.

Semua aktivitas ini menerapkan kaidah konservasi sebagai upaya pelestarian ekologi. Kawasan wisata ini juga di jadikan sebagai lahan percontohan untuk pengembangan riset dan teknologi melalui kerja sama dengan Politeknik Aceh Selatan.

Kawasan Agroekoeduwisata puncak Sigantang Sira ini di kembangkan secara swadaya oleh pengusaha muda bernama Tgk. Abrar Muda.

(Foto: instagram @acehselatan)

Puncak Sigantang Sira berada di atas lahan perbukitan seluas 25 hektare, ia bertekad untuk menciptakan objek wisata baru yang mampu mendorong kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Selatan.

Sejak digarap pengerjaannya pada bulan Oktober 2020 lalu, kehadiran kawasan ini menjadi magnet baru yang mampu menarik kedatangan para wisatawan baik lokal, daerah bahkan nasional.

Walaupun masih dalam tahap pekerjaan pembangunan, puncak Sigantang Sira menjadi salah satu destinasi wisata dataran tinggi terpopuler saat ini dengan ketinggian lebih kurang 400 mdpl, menawarkan sensasi yang berbeda kepada pengunjung.

Saat berada di puncak tersebut, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan lautan, lautan awan termasuk sunrise dan sunset, animo masyarakat untuk datang berkunjung kesana sangatlah tinggi.

Puluhan pengunjung hadir ke lokasi wisata tersebut, setiap harinya untuk sekedar menikmati panorama alam yang sangat eksotik. Bahkan untuk hari-hari tertentu pengunjung dapat mencapai ratusan orang.

Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan mantan Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf pun tidak luput dan turut menyambangi kawasan wisata potensial ini.

Kehadiran objek wisata puncak Sigantang Sira ini menjadi harapan baru dalam pengembangan sektor pariwisata yang dapat mendorong peningkatan ekonomi di Kabupaten Aceh Selatan.

Dimana tahun ini, Puncak Sigantang Sira – Tapaktuan juga masuk sebagai salah satu nominasi diantara 12 nominasi lainnya di Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 dengan untuk kategori Dataran Tinggi Terpopuler dengan kode 10H.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan Safril, mengatakan bahwa Puncak Sigantang Sira masuk nominasi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 dengan kategori destinasi dataran tinggi terpopuler dan destinasi kreatif yang tengah hits di Aceh Selatan.

Dari puncak Sigantang Sira, wisatawan bisa menikmati hamparan hutan dan perkebunan rakyat yang berpadu apik dengan birunya Samudera Hindia.

Comments
Loading...