NewsOlahraga

Shin buta kekuatan lawan Grup A

Shin siapkan strategi taklukkan Brunei Darussalam di Piala AFF U-19
Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong memberikan keterangan dalam konferensi pers Piala AFF U-19 2022 di Jakarta, Jumat (1/7/2022). Shin menegaskan bahwa skuadnya siap berlaga dan menargetkan untuk menjuarai turnamen tersebut. (ANTARA/Michael Siahaan)

POPULARITAS.COM – Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong mengaku buta kekuatan semua lawan skuadnya di Grup A Piala AFF U-19 2022 tetapi dia tetap menargetkan “Garuda Nusantara” menjuarai turnamen tersebut.

“Tak ada informasi soal lawan-lawan kami, tetapi tim selalu siap mendapatkan hasil yang terbaik,” ujar Shin dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Menurut juru taktik asal Korea Selatan tersebut, dirinya memang selalu menargetkan juara untuk setiap turnamen yang diikuti oleh tim besutannya. Apalagi, di Piala AFF U-19 2022, Indonesia berstatus tuan rumah.

Meski begitu, Shin tidak ingin memberikan beban berlebihan kepada anak-anak asuhnya. Sebab, pada usia U-19, pesepak bola cenderung tidak stabil baik secara performa maupun mental.

“Pada usia muda seperti itu, performa pemain bisa berubah-ubah setiap bulan. Tekanan yang terlalu besar akan membuat pemain tidak dapat menunjukkan performa terbaik,” tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Piala AFF U-19 2022 akan menjadi turnamen internasional U-19 pertama Shin Tae-yong sejak ditunjuk oleh PSSI untuk menjadi pelatih timnas U-19, U-23 dan senior Indonesia.

Itu yang membuat Shin ingin memanfaatkan Piala AFF U-19 untuk menakar sejauh mana kualitas skuadnya yang sejatinya disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

“Saya akan melihat persaingan tim kami ketika menghadapi tim-tim ASEAN. Nanti ada saatnya kami juga akan memantau level tim ketika melawan skuad dari Eropa, Afrika dan Amerika Latin,” kata pria berusia 52 tahun itu.

Piala AFF U-19 2022 akan berlangsung di Jakarta dan Bekasi pada 2-15 Juli.

Pada turnamen itu, Indonesia berada di Grup A bersama Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam dan Filipina.

Pertandingan pertama Indonesia di Piala AFF U-19 2022 bergulir pada Sabtu (2/7/2022) melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, mulai pukul 20.30 WIB. (ANT)

Shares: