FeatureNews

Seulas Senyum Sori Alias Sigalingging Usai Bertemu Nova

SORI Alias Singalingging, warga Aceh Tenggara, tak dapat menyembuyikan rasa haru dan bahagiannya. Senin, 20 Januari 2020, bersama istri dan anak lelakinya, Virgo, hari itu, Ia menerima kunci rumah, yang dibangun Pemerintah Aceh.
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat meresmikan rumah layak huni, di Aceh Tenggara, Senin, 20 Januari 2020

SORI Alias Singalingging, warga Aceh Tenggara, tak dapat menyembuyikan rasa haru dan bahagiannya. Senin, 20 Januari 2020, bersama istri dan anak lelakinya, Virgo, hari itu, Ia menerima kunci rumah, yang dibangun Pemerintah Aceh.

Kunci rumah milik Sori, sapaan karibnya, langsung diserahkan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan hal itu membuat dirinya serasa tak kuasa menahan gejolak emosi bahagianya. Ucapan terimakasih tak henti Ia sampaikan, saat bersalaman dengan orang yang saat ini menjabat sebagai pucuk pimpinan, di provinsi ujung pulau sumatera ini.

Kepada Sori, Plt Gubernur Aceh mengharapkan, rumah yang dibangun pemerintah Aceh saat ini, dah telah sah menjadi miliknya, dapat menjadi tempat berteduh, beraktivitas dan menjalankan seluruh kegiatan berumah tangga. “Ini kuncinya saya serahkan pada Pak Sori,” kata Nova, yang disambut uluran hangat ayah dari Virgo tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya ke Aceh Tenggara, selain meresmikan sejumlah proyek pemerintah Aceh, salah satu agenda yang juga dilakukannya, adalah penyerahan rumah bantuan kepada warga Aceh Tenggara. Dan secara simbolis diberikan kepada Sori Alias Galingging.

Sori Alias Galingging, adalah satu dari 144 KK warga kurang mampu di Aceh Tenggara, yang mendapatkan rumah bantuan layak huni dari Pemerintah Aceh.

Untuk tahun 2020 sendiri, Pemerintah Aceh, akan kembali membangun 138 unit rumah layak huni di Aceh Tenggara. Dan secara total, sepanjang 2019, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Aceh, telah menyelesaikan pembangunan 4.006 unit yang tersebar diseluruh provinsi berjuluk serambi mekkah ini.

Kepada Sori, Nova mengingatkan, agar rumah yang diberikan pemerintah Aceh ini, dapat membuat kehidupan Ayah Virgo dan Abelia itu menjadi lebih baik, dan bersemangat dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

“Rumahnya dijaga, dirawat, agar menjadi tempat yang sehat bagi tumbuh kembangnya Virgo dan Abelia, anak-anak bapak yah,” pinta Nova.

Dalam kesempatan tersebut, Nova kembali menegaskan komitmennya, untuk menekan angka kemiskinan, dengan pendekatan pembangunan rumah layak huni. Sebab, lanjutnya, salah satu variable survei, berupa indikator non-bahan makanan, keberadaan rumah menjadi salah satu penilaian tingkat kemiskinan.

Untuk itu, tambahnya, selain telah merampungkan 4.006 unit rumah layak huni tahun 2019, pada tahun ini, Pemerintah Aceh, menargetkan penyelesaian pembangunan 5.000 unit lagi.

“Tahun ini Pemerintah Aceh akan kembali bangun rumah layak huni sebanyak 5 ribu unit,” jelasnya.

Dengan melakukan intervensi pembangunan rumah layak huni kepada masyarakat Aceh kurang mampu, jelas Nova, Pemerintah Aceh, mengharapkan, angka kemiskinan dapat ditekan, sebab salah satu indikator dan varible, yakni rumah layak huni dan sehat telah dituntaskan.

Diakhir percapakan antara Nova dan Sori Alias Galingging, warga Desa Batu Bekong, Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara itu, kembali menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada pemerintah Aceh, terutama Plt Gubernur, Nova Iriansyah. “Terimakasih Pak, saya sekarang sudah memiliki rumah bersih dan sehat. InsyaaAllah ini akan saya rawat dan jaga dengan baik,” tandasnya. (Rls/SKY)

Shares: