News

Seribuan Kendaraan Roda Empat di Banda Aceh Uji Emisi

BANDA ACEH (popularitas.com) – Seribuan kendaraan roda empat menjalani uji emisi di Terminal Bus Tipe A, Batoh, Banda Aceh, Selasa, 12 November 2019.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Dody Haikal menyebutkan, uji emisi dilakukan untuk mengukur kualitas udara di Banda Aceh.

“Ini untuk mengukur kualitas udara, khususnya kendaraan bermotor, jadi ini salah satu upaya kita untuk mengendalikan kualitas udara dan juga ini salah satu indikator yang merupakan penilaian,” kata Dody kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Ia menjelaskan, kualitas udara di Kota Banda Aceh empat tahun lalu sangat baik. Ini dibuktikan dengan pengukuran yang dilakukan setiap tahunnya.

“Kita menerima perangkat untuk menguji atau mengetahui kualitas udara yang ada di Kota Banda Aceh, yang bertempat di Simpang Lima,” jelas Dody.

Kata Dody, uji emisi akan dilakukan rutin setiap tahun. Dalam prosesnya, jika ditemukan ada kendaraan yang tidak lolos, maka akan diingatkan supaya memperbaiki atau melakukan service rutin kendaraannya.

“Uji emisi ini setiap tahun, satu tahun sekali, insyaAllah tahun depan kita lakukan lagi,” katanya.

Sementara, Kabid Tata Lingkungan DLHK Banda Aceh, Cut Safarina Yulianti mengatakan, tahun lalu uji emisi yang mereka lakukan di tiga titik menghasilkan hasil yang baik.

“Untuk tahun lalu kita mendapat 1.600 kendaraan. Hasil tersebut, hasil kualitas udara setelah dianalisa dari tim kementerian itu mendapat nilai baik, artinya secara umum kualitas udara di Banda Aceh baik,” kata Cut Safariana.

Menurut Safariana, uji emisi kali ini adalah tahun kedua. Pihaknya menargetkan untuk menguji 1.600 kendaraan, baik angkutan umum maupun pribadi.

“Kita berupaya keras untuk bisa mencapai kendaraan lebih banyak, lebih banyak kendaraan artinya lebih valid data yang kita peroleh nanti,” tuturnya.* (C-008)

Shares: