News

Seorang Nenek di Aceh Utara Dihipnotis, Gelang Emas Rp 25 Juta Raib

ilustrasi.

POPULARITAS.COM – Ruhamah (66) warga Dusun Melati, Desa Biara Barat, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, diduga menjadi korban penipuan dengan cara di hipnotis oleh orang tak dikenal.

Akibatnya, gelang emas korban seberat 30 gram, yang dipakai di lengannya itu raib diambil oleh seorang pria yang mengakui sebagai petugas pemberi bantuan santunan uang kematian.

Kapolsek Tanah Jambo Aye, AKP Ahmad Yani mengatakan, berdasarkan informasi kejadian itu terjadi kemarin pada Kamis 20 Mei 2021 di kediaman korban.

“Saat itu korban sedang tidur di teras rumahnya, tiba-tiba datang seorang pria bermodus akan memberi bantuan uang tunai senilai Rp 70 juta, dengan syarat harus mebayar biaya administrasi senilai Rp 15 juta,” ujar Kapolsek Jumat (21/5/2021).

Kerena korban tak memiliki uang sebanyak yang diminta pelaku, korban hanya bisa memberikan gelang emas yang ada di lengannya. Selain itu untuk meyakinkan korban, pelaku juga meminta data korban yaitu KK dan KTP korban.

Setelah mendapat gelang tersebut pelaku langsung pergi dan tidak ada kabar lagi hingga saat ini. Merasa telah terhipnotis korban melapor kejadian itu ke polisi.

“Dari pengakuan korban, pria tersebut mengendarai sepeda motor Honda Beat warna merah putih. Korban mengalami kerugian mencapai Rp 25 juta,” jelasnya.

Untuk ciri pelaku, tinggi badan kurang lebih 170 sentimeter, warna kulit sawo matang, saat itu pelaku menggunakan peci haji putih.

Penyidik sedang melakukan penyelidikan terkait laporan korba. Namun pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap orang yang baru dikenal.

“Kita berharap masyarakat tetap berhati- hati dan tidak mudah percaya dengan orang yang tak dikenal, apalagi modusnya menawarkan bantuan tanpa identitas yang jelas,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: