News

Senat USK tetapkan empat bakal calon rektor

Panitia memperlihatkan berkas yang akan dicek kelengkapannya pada acara rapat senat USK untuk penetapan bakal calon rektor 2022-2026 di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Rabu (17/11/2021). (IST)

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) melalui rapat senat telah menetapkan empat bakal calon (Balon) rektor perguruan tinggi ini untuk periode 2022-2026.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Ketua Senat USK Prof Abubakar, setelah panitia pelaksana melakukan verifikasi berkas di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Rabu (17/11/2021) kemarin.

Adapun keempat balon rektor tersebut berdasarkan abjad adalah Dr. Ir. Iskandar A. Gani, SH., M.Hum, Prof. Dr. Ir. Marwan, Dr. Ir. Mirza Irwansyah, MBA., MLA dan Dr. Nasrullah, ST.,MT.

“Alhamdulillah kita sudah tetapkan empat bakal calon Rektor USK untuk periode selanjutnya. Kesepakatan senat ini bulat, setelah semua melengkapi syarat,” kata Abubakar dalam keterangannya, Kamis (18/11/2021).

Selanjutnya, Senat USK akan melakukan penyaringan dari empat bakal calon Rektor tersebut menjadi tiga kandidat saja. Rencananya, kegiatan  ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2021.

Pada proses penyaringan ini, lanjut Abubakar, para balon rektor akan menyampaikan visi dan misi serta program kerjanya.

“Untuk proses penyaringan ini, pihak kementerian dapat turut hadir namun tidak memiliki hak suara,” ucap Abubakar.

Untuk diketahui, masa jabatan Rektor USK Prof Samsul Rizal akan berakhir pada 27 Februari 2022. Oleh karena itu, Senat USK akan melakukan pemilihan rektor dalam rentang waktu satu bulan sebelum berakhirnya masa jabatan tersebut.

Terkait tanggal pasti pelaksanaannya, Abubakar mengatakan, pihak senat belum dapat menentukannya. Sebab jadwal pemilihan tersebut harus disesuaikan dengan jadwal menteri atau yang mewakili menteri untuk hadir memberikan suara.

“Jadwal ini masih tentatif, karena sangat menyesuaikan dengan jadwal Menteri. Tapi dari pihak Senat, kita rencanakan proses pemilihan ini dapat terlaksana pada 24 Januari nanti,” ucapnya.

Saat ini jumlah anggota Senat USK adalah 95 orang. Dalam proses pemilihan rektor ini, suara senat adalah 65% lalu 35% lainnya adalah suara menteri.

Rektor USK Prof Samsul yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan rasa syukur, karena sampai sejauh ini proses pemilihan rektor USK berjalan dengan lancar. Semua proses juga berjalan dengan sangat tranparan, termasuk verfikasi berkas hari ini yang turut disaksikan anggota Senat.

Samsul meyakini, anggota Senat USK akan menggunakan hak suaranya dengan penuh integritas, untuk memilih sosok terbaik yang layak memimpin USK selanjutnya.

“Mudah-mudahan nantinya dapat terpilih rektor yang mampu melanjutkan semua prestasi USK selama ini, serta tetap kritis dengan persoalan pendidikan atau ketidakadilan di masyarakat saat ini,” ucap Samsul. []

Shares: