EkonomiNews

Sempat Ditunda, Proyek DOKA Mulai Dilelang di Pijay

Sempat Ditunda, Proyek DOKA Mulai Dilelang di Pijay
Plt Sekda Pidie Jaya, Jailani Beuramat.

PIDIE JAYA (popularitas.com) – Sejumlah paket proyek pembangunan daerah, bersumber dari Dana Alokasi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2020, yang sempat ditunda berdasarkan intruksi Gubernur Aceh kembali dilelang di Kabupaten Pidie Jaya.

Sebelumnya pada 14 April 202 Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengeluarkan surat Nomor : 602.1/6075 yang ditujukan ke kabupaten kota, perihal penundaan pelaksaan proses tender DOKA, menyusul perubahan kebijakan pemerintah pusat dampak pandemi COVID-19.

Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya sendiri, sebelum intruksi Pemerintah Aceh itu dikeluarkan, mulai melelang sekitar 14 paket bersumber DOKA 2020, namun kemudian dilakukan penundaan berdasarkan perintah tersebut.

Penelusuran popularitas.com pada lembaga pelelangan secara elektronik, proyek pekerjaan kontruksi sumber DOKA 2020 yang kembali dilelang itu berjumlah 25 paket.

Pelaksana tugas Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Pidie Jaya, Jailani Beuramat menjelaskan, paket proyek sumber DOKA yang sempat ditunda, namun kini kembali dilanjutkan proses pelelangan itu, usai dilakukan pemotongan di beberapa post sebagai langkah penyesuaian anggaran dampak COVID-19 berdasarkan surat dari Pemerintan Aceh.

“Sudah dilelang. Sebelumnya kan ada surat dari Gubernur, sesuai dengan ketentuan tersebut, kita melakukan pemotongan anggaran di beberapa SKPK. Jadi yang sisa usai dilakukan pemotongan itu langsung ditender,” kata Jailani Beuramat, Kamis (25/6/2020).

Lanjutnya, paket proyek pekerjaan fisik maupun pengadaan barang dan jasa yang diumumkan itu merupakan anggaran sisa usai dilakukan penyesuaian.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, Yusyak mengatakan, dari jumlah proyek sumber DOKA 2020 tersebut, saat ini yang sudah ada pemenang sekitar lima paket.

Sedangkan sisa paket proyek sumber DOKA yang belum ada pemenang tersebut, saat ini dalam proses tender. Ditargetkan pada Juli 2020 keseluruhan paket itu sudah rampung dilelang.

Jumlah 25 paket DOKA pekerjaan fisik itu merupakan akumulasi dari yang sudah ditayangkan terlebih dahulu sebelum surat peundaan dari Pemerintah Aceh dikeluarkan, maupun yang terbaru.

“Paling telat pada Juli, semua paket proyek yang dilelang sudah ada pemenang,” kata Yusyak.[acl]

Reporter: Nurzahri

Shares: