News

Seluruh Pegawai USK Diwajibkan Untuk Ikut Vaksinasi

Vaksinasi di lingkungan USK. (antara)

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK)mewajibkan seluruh pegawainya baik PNS maupun non PNS untuk melakukan vaksinasi COVID-19 dalam upaya mencegah penyebaran wabah tersebut di lingkungan kampus khususnya.

Keputusan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Rektor No 15 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Desease2019 di Lingkungan USK.

“Keputusan tersebut merupakan wujud dari komitmen USK untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, khususnya di lingkungan kampus,” kata Rektor USK Prof Samsul Rizal seperti dilansir laman Antara, Selasa (15/6/2021).

Ia menjelaskan sebagai perguruan tinggi, USK harus mampu memberikan contoh yang baik bagi masyarakat.

Karena itu, kewajiban untuk melakukan vaksinasi ini secara tidak langsung merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat, bagaimana semestinya kita menghadapi pandemi ini.

“Vaksinasi ini merupakan ikhtiar universitas untuk menjaga warganya. USK juga ingin menjadi contoh bagi yang lain, bahwa untuk menyudahi pandemi ini butuh kemauan bersama. Disiplin prokes, dan menyukseskan vaksinasi sebagaimana anjuran dari pemerintah pusat,” kata Rektor.

Adapun bagi pegawai yang tidak melakukan vaksinasi tanpa alasan khusus seperti sakit atau ibu hamil, maka USK akan memberikan sanksi.

Bagi PNS, sanksinya adalah ia tidak diperkenankan untuk masuk kantor dan pembayaran renumerasinya akan ditunda. Sementara bagi pegawai non PNS, maka ia juga tidak diperkenankan masuk dan melakukan aktivitas di kantor. Selain itu, status pegawainya akan dipertimbangkan untuk dilanjutkan.

“Ya, kita memang harus tegas untuk masalah seperti ini, karena tanpa komitmen pimpinan, pandemi ini akan sulit kita lalui. Inilah yang terjadi selama ini, kita seperti kehilangan arah dalam menghadapi wabah ini,” kata Rektor.

Ia menambahkan untuk terealisasi100 persen vaksin bagi warganya, USK telah melakukan terobosan dengan menjemput bola yaitu melakukan vaksinasi pada seluruh Fakultas yang ada di lingkungan USK.

Shares: