News

Seluruh jemaah haji Aceh di Madinah sudah berangkat ke Makkah

Jemaah haji Aceh bersiap menuju puncak haji
Jemaah haji Aceh di Arab Saudi pada musim haji 2022. FOTO: Ist

POPULARITAS.COM – Seluruh jemaah haji asal Aceh sudah bergerak ke Makkah untuk melaksanakan umrah wajib.

Informasi keberangkatan tersebut disampaikan Koordinator Humas dan Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, Tajri bin Yakub, Senin (27/6/2022).

Sebagaimana disampaikan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) kloter 04-BTJ, Fithriady, 393 jemaah kloter empat telah bergerak ke Makkah, pada hari Minggu jam 13.15 Waktu Arab Saudi.

Menurut Fithriady, 387 jemaah dari Kota Lhokseunawe, Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Tamiang bersama 6 petugas telah meninggalkan Madinah dengan keadaan sehat walafiat.

Sebelumnya, pada Minggu pagi, 389 jemaah dan 4 petugas kloter 03-BTJ juga sudah meninggalkan Madinah pada jam 05.47 WAS dengan menggunakan 9 bus SAPTCO (Saudi Public Transport Company).

Menurut Nashrullah, pembimbing ibadah pada kloter 03-BTJ, setelah menyelesaian ibadah arbain di Masjid Nabawi serta ziarah tempat-tempat bersejarah di Madinah, jemaah haji Aceh diberangkatkan dengan bus menuju Mekah.

“Jemaah telah menggunakan pakaiah ihram dari hotel di Madinah dan akan mengambil miqat di Bir Ali (Zulhulaifah), lebih kurang sekitar 20 menit dari Madinah. Meraka singgah terlebih dahulu di Masjid Bir Ali, untuk mengambil miqat dan niat umrah,” ujar Nashrullah.

Miqat adalah batas atau tempat dimulainya para jemaah umrah atau haji untuk berihram sekaligus memulai niat. Khusus bagi jemaah yang datang dari Madinah, mereka mengambil miqat di Bir Ali. Tempat ini terletak 11 kilometer dari Masjid Nabawi, sebelah barat Lembah Aqiq.

“Sebelum niat ihram, para jemaah dianjurkan untuk melaksanakan salat sunat ihram, kemudian menaiki bus kembali sesuai rombongan setelah niat ihram,” katanya melanjutkan.

Dengan keberangkatan jemaah kloter 03-BTJ dan 04-BTJ ke Makkah, seluruh jemaah haji Aceh sudah meninggalkan Madinah menyusul jemaah kloter 1 dan 2 yang sudah lebih dulu diberangkatkan ke Makkah dari Madinah.

Mereka akan bergabung dengan jemaah kloter 5 dan 6 yang diberangkatkan ke Mekah dari bandar udara Sultan Iskandar Muda (SIM).

Sebelumnya, 1.569 jemaah haji asal Aceh yang tergabung dalam kloter 1, 2, 3 dan 4 diberangkatkan ke Madinah melalui Bandara SIM.

Satu jemaah dari kloter BTJ-01 asal Pidie Jaya meninggal dunia dalam pesawat menjelang landing di bandara AMAA (Amir Muhammad bin Abdul Aziz) Madinah, 15 Juni 2022 lalu.

Sementara 453 jemaah diberangkatkan dari Bandara SIM langsung ke bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Shares: